10 Ikan Hias Ini Dapat Hidup Tanpa Oksigen

Hobi binatang РMembeli akuarium lengkap dengan aksesorisnya seperti filter, aerator, sirkulator, pemurni air, dan alat pengukur ph merupakan hal yang paling disarankan sebelum memelihara ikan hias air tawar.

Semua perlengkapan diatas tadi merupakan hal dasar yang harus dipersiapkan sebelum merawat ikan hias agar sehat dan ikan dapat hidup lebih layak.

Namun ada banyak jenis ikan hias air tawar yang dapat dipelihara tanpa membeli semua peralatan dan perlengkapan akuarium.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat hidup tanpa menggunakan oksigen / aerator.

1. Ikan Lele Hias

Ikan Lele Hias

Ikan lele hias pada dasarnya memiliki bentuk tubuh yang sama seperti ikan konsumsi, namun hanya saja warnanya yang albino membuatnya dijadikan salah satu jenis ikan hias tanpa oksigen.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Yang pertama dari jenis ikan hias tanpa oksigen adalah ikan cupang. Ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki banyak jenis. Selain bisa hidup tanpa aerator pada akuarium, ikan cupang merupakan ikan hias yang mudah dipelihara.

Ikan cupang atau yang biasa disebut dengan ikan Betta adalah satu jenis ikan yang populer dan banyak yang membudidayakannya, bahkan dapat dibilang cara budidaya ikan ini mudah dibanding jenis ikan hias lainnya.

Meskipun mudah, namun tidak menutup kemungkinan dalam mengawinkan atau memijahkan ikan cupang ini dapat berakhir gagal.

Dalam budidaya ikan cupang, untuk menentukan keberhasilannya adalah ketika merawat burayak atau anakan ikan cupang mulai dari umur 0 hingga 2 mingguan.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen yang selanjutnya adalah ikan guppy. Ikan guppy memang dapat hidup meski adanya gelembung oksigen. Bahkan tidak seperti ikan cupang yang harus satu akuarium 1 ikan. Ikan guppy dapat dipelihara dalam jumlah banyak dalam satu akuarium, hanya saja tetap mempertimbangkan kepadatan biotanya.

Meski dapat hidup tanpa adanya aerator, namun adanya aerator dapat memastikan ikan ini lebih sehat.

4. Ikan Komet

Ikan Komet

Yang selanjutnya dari ikan hias akuarium tanpa oksigen adalah ikan komet. Ikan ini masih termasuk kategori ikan mas yang hanya saja dapat dipelihara tanpa menggunakan oksigen.

5. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan molly juga termasuk jenis ikan hias akuarium tanpa oksigen yang dapat anda pilih untuk dipelihara. Selain perawatannya yang mudah, ikan ini juga memiliki banyak varian warna.

6. Ikan Platy

Ikan Platy

7. Ikan Swordtail

Ikan Swordtail

Ikan pedang juga salah satu dari banyaknya ikan hias yang dapat hidup tanpa aerator. Ikan ini juga merupakan jenis ikan platy.

8. Ikan Koki

Ikan Koki

9. Ikan Nila

Ikan Nila

Ikan nila merupakan ikan hias air tawar yang ketika besar dapat dikonsumsi. Banyak petani juga yang menekuni untuk budidaya ikan ini.

Ikan nila saat masih kecil juga banyak dijadikan sebagai ikan hias, selain itu ikan ini juga biasa digunakan sebagai makanan ikan predator.

10. Ikan sapu-sapu

Ikan sapu-sapu

Ikan sapu-sapu sendiri merupakan ikan yang masih banyak hidup di sungai-sungai, bahkan ikan ini dapat hidup juga di air yang tercemar. Ikan ini dapat hidup dengan sehat tanpa adanya aerator.

Ikan sapu-sapu banyak dipelihara oleh hobiis ikan hias karena manfaatnya yang berfungsi sebagai pembersih sisa makanan di akuarium dan juga memakan alga yang tumbuh di akuarium.