8 Jenis Ikan Air Laut Untuk Aquarium

Hobi binatang – Ketenaran jenis ikan air laut banyak membuat penghobis rela mengabiskan banyak waktu, tenaga dan uang untuk menyiapkan akuarium air laut. Menikmati keindahan ikan air laut di kantor atau di rumah, diyakini dapat membuat suasana hati jauh lebih tenang.

Keindahan ikan air laut ini membuat beberapa dari mereka terancam punah. Meski demikian adanya penangkaran ikan hias dapat menekan angka kepunahan beberapa jenis ikan anugrah tuhan ini.

Berikut 8 Jenis Ikan Air Laut Untuk Aquarium

Angelfish

Angelfish

Ikan ini memiliki sedikit keunikan karena wajahnya lebih cerah daripada bagian tubuh lainnya. Di alam liar, ikan ini tersebar di berbagai tempat; ikan ini dapat ditemukan di seluruh Samudera Hindia, Indonesia, Australia, Mikronesia dan sepanjang laut utara Jepang. Di alam liar, ikan ini sering hidup di gua-gua dan laguna.

Ikan Badut / Ikan Nemo

Ikan Badut / Ikan Nemo

Ikan Badut adalah salah satu spesises penghuni akuarium yang paling populer dan juga dianggap sebagai salah satu jenis ikan hias air laut yang palingi indah di dunia. Sekitar 25% ikan hias jenis ini dibesarkan melalui penangkaran.

Ikan badut memiliki gen yang sangat tidak biasa dan jenis kelamin mereka benar-benar dapat berubah antara pria dan wanita. Mereka juga membentuk koloni dalam merawat anak-anak mereka.

Mandarinfish

Mandarinfish

Mandarinfish biasa disebut juga sebagai Naga Cina, ikan ini berasal dari Samudra Pasifik Tenggara di Utara Australia. Ikan ini merupakan salah satu dari sekian banyak ikan indah karena motifnya cantik dan juga warnanya yang cerah. Daya tahan tubuh ikan ini cukup kuat terhadap beberapa penyakit umum yang dapat menerpa ikan lain.

Moorish Idol

Moorish Idol

Sebagai salah satu ikan paling khas dan indah, Ikan Moorish Idol ini merupakan satu-satunya anggota ikan Zanclidae yang masih hidup sejak jaman prasejarah. Meski ikan ini memiliki kecantikan, namun ikan ini tidak cocok dipelihara di akuarium karena usianya yang pendek.

Ikan Moorish Idol biasa disebut juga sebagai ikan jimat keberuntungan menurut orang-orang suku Moor di Afrika.

Ikan Kakatua

Ikan Kakatua

Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan ‘Kakaktua’ ini. Dinamakan sebagai ikan kakatua karena ia memiliki mulut yang menyerupai paruh berbentuk kait. Ikan ini memiliki nafsu makan yang besar.

Ikan Kakatua dianggap penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang karena mereka memakan rumput laut dan hama lainnya yang dapat merusak terumbu karang.

Flame Angel

Flame Angel

Flame Angel adalah salah satu ikan yang memiliki warna paling terang yang ada di dunia. Flame Angle adalah ikan akuarium yang mudah perawatannya karena mereka makan hampir semua makanan.

Blue Tang

Blue Tang

Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan ‘Kakaktua’ ini. Asal-usul nama ikan ini adalah karena ia mempunyai mulut seperti paruh berbentuk kait. Ikan Kakatua mempunyai nafsu makan yang sangat besar, kalau kamu tidak dapat menyediakan makanan untuknya, disarankan untuk tidak usah memeliharanya.

Ikan Banggai

Ikan Banggai

Ikan cantik yang berasal dari Kepulauan Banggai, indonesia merupakan salah satu jenis ikan akuarium yang paling populer dan salah satu dari beberapa ikan laut yang sekarang secara teratur di besarkan di penangkaran.

Saat ini keindahan dan keberadaan ikan-ikan tersebut di alam liar terancam punah karena penangkapan yang berlebihan. Kurangnya pemahaman masyarakat akan ekosistem biota laut membuat beberapa ikan diatas tidak terlalu banyak.