Ciri dan Cara Merawat Kucing Munchkin

Hobi Binatang – Kucing Munchkin adalah salah satu ras kucing dengan ciri khas kaki pendek karena mutasi genetik yang alami. Jenis kucing ini adalah ras baru bagi pecinta kucing dan baru saja dikembangbiakan sekitar tahun 1980 di Amerika Serikat.

Kucing Munchkin mudah beradaptasi, berat kucing ini dapat mencapai 4 kilogram dan akan lebih berat lagi jika kucing tersebut betina.

Karakteristik Kucing Munchkin

Ciri khusus Kucing Munchkin adalah kaki belakang lebih panjang dari kaki depannya. Mutasi genetika pada kucing ini sama dengan genetika pada anjing yang berkaki pendek karena gen yang sama.

Sifat Kucing Munchkin adalah sebagai berikut :

1. Mudah beradaptasi dengan lingkungan

Mudah beradaptasi dengan lingkungan

Sifat utama kucing muchkin ini sangat suka bermain, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, selain itu juga mudah beradaptasi dengan hewan lain bahkan dengan manusia.

2. Biasa muncul di fashion show

Biasa muncul di fashion show

Memiliki kaki yang pendek alami, kucing ini tampak terlihat lucu dan imut dan hingga dijadikan sebagai hewan untuk ajang kompetisi fashion.

3. Kucing jenis ini memiliki 2 tipe bulu yaitu bulu panjang dan bulu pendek

Kucing jenis ini memiliki 2 tipe bulu yaitu bulu panjang dan bulu pendek

Hal ini disebabkan karena banyak dikawinkan dengan ras lain sehingga menghasilkan ras baru kaki pendek yang lebih bervariasi.

Kucing berkaki pendek ini banyak memiliki penggemar sehingga banyak yang berlomba untuk memiliki kucing ras ini untuk sekedar dipelihara sebagai hobi hingga dikembangbiakan.

Di Indonesia, Kucing Munchkin dijual dengan harga yang cukup murah dengan kisaran harga 1-7 juta rupiah tergantung permintaan pasar.

Harga kucing betina umur 3 bulan adalah Rp. 6.500.000,-, harga kitten umur 2,5 bulan adalah Rp. 5.000.000,-. Untuk kucing jantan usia 7 bulan harganya Rp 4.000.000,-, kucing ras munchkin napoleonu usia 2 tahun seharga Rp. 7.000.000, munchkin kitten seharga Rp. 6.000.000 sedangkan untuk yang di silangkan dengan persia usia 8 bulan Rp.950.000,-.

Cara Merawat Kucing Munchkin

1. Siapkan keperluan hidup kucing sebelum membelinya

Yang perlu dipersiapkan pertama kali adalah kandang, makanan khusus kucing, tempat makan, minum, serta ember pasirr, pasir, serokan pasir shampo kucing dan baby oil serta multivitamin agar kucing sehat.

2. Perawatan anak kucing munchkin

Anakan kucing jenis ini memerlukan jumlah gizi 2 kali lipat lebih besar dari keperluan gizi kucing dewasa. Meski begitu, tidak diharuskan memberikan jumlah makanan yang banyak kepada kucing yang dipelihara karena kebutuhan gizi tinggi.

Setelah usianya kucing mencapai 5-6 minggu baru dapat diberikan makanan padat secara rutin 4 kali sehari

Ketika usia kucing mencapai 8-10 bulan, latihlah kucingmu untuk makan makanan rumah seperti nasi dengan ikan dan susu. Untuk membiasakan kucing makan makanan rumah harus dilatih sejak usia dini.

3. Makanan terbaik untuk kucing munchkin

Makanan terbaik untuk kucing munchkin

Makanan khusu tidak dapat digantikan dengan makanan anjing, karena dalam makanan anjing tidak memiliki kandungan tourin yang dapat mencegah penyakit jantung dan penglihatan yang kabur.

4. Mandikan kucing yang rutin

Mandikan kucing yang rutin

Memandikan semua jenis kucing maupun binatang peliharaan lainnya akan lebih baik jika dimandikan rutin meski hanya 1 bulan sekali. Namun akan jauh lebih baik jika memandikan kucingmu setiap 2 minggu sekali. Karena jika munchkin berbulu panjang tidak sering dimandikan, maka bulunya akan terlihat jelek dan kotor serta ajak kucingmu jalan-jalan setiap hari.

5. Jangan lupa cek kesehatan dan vaksinasi secara rutin

Jangan lupa cek kesehatan dan vaksinasi secara rutin

Hal ini diperlukan agar tidak terjadi penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. terutama bagian gigi, telinga dan kuku supaya tidak menjadi sarang bagi bakteri dan kuman berbahaya.

Sekian dulu ya bahasasan tentang Ciri dan Cara Merawat Kucing Munchkin. Terus ikuti berita-berita serta cara perawatan binatang hewan hias peliharaan anda di www.hobibinatang.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *