Fakta Kelelawar Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Hobi binatang – Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang, dan berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap

Kelelawar tentunya akan selalu muncul setiap malam dengan bergantian aktiifitas dengan burung yang ada di malam hari. hewan kecil ini sering muncul di cerita-cerita horor dengan reputasi yang buruk. Bahkan sering digambarkan sebagai monster atau dikaitkan dengan vampire yang jahat dan menyeramkan.

Dibalik penampilan fisiknya tersebut, ternyata kelelawar tidak berbahaya dan mempunyai peranan yang penting di lingkungan. salah satu usaha dan Kerja keras kelelawar dalam penyerbukan yang membuat buah dapat menjadi manis, seperti buah mangga.

Berikut 6 fakta kelelawar yang tidak banyak orang tahu :

1. Kelelawar membantu penyerbukan lebih dari 300 spesies buah

Kelelawar membantu penyerbukan lebih dari 300 spesies buah

Dilansir dari littlethings.com, lebih dari 300 spesies buah, termasuk pisang, alpukat, mangga, dan buah ara bergantung pada kelelawar untuk penyerbukan. Beberapa spesies kelelawar di Afrika, Asia, dan Amerika bermigrasi setiap tahun, dan mereka membawa serbuk sari serta biji-bijian.

2. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang

Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Bukankah sesuatu yang sangat menarik tentang mamalia yang terbang sangat lincah melebihi burung serta bisa jungkir balik di udara dengan sangat gesit. Ya, hanya kelelawar yang bisa melakukannya.

3. Kelelawar memakan hama

Kelelawar memakan hama

Ada banyak jenis kelelawar, banyak diantaranya merupakan kelelawar pemakan serangga atau insectivorous. Dilansir dari defenders.org, 70% kelelawar mengkonsumsi serangga, sebagian besar sebagai pengendalian hama alami.

4. Kelelawar melakukan grooming

Kelelawar melakukan grooming

Seperti kucing, kelelawar sering menjaga bulu lembut mereka.

5. Tidak usah khawatir tentang kelelawar pengisap darah

Tidak usah khawatir tentang kelelawar pengisap darah

Jenis kelelawar pengisap darah tidak ada di Indonesia. Kalaupun ada, mereka tidak mengisap darah seseram yang Anda pikirkan seperti cara vampire. Dilansir dari littlethings.com, kelelawar vampir menggunakan sensor panas khusus untuk menemukan dan memotong mangsanya. Begitu darah mengalir keluar dari korbannya, kelelawar vampir akan minum apa pun yang keluar. Hebatnya, kelelawar vampir memiliki zat kimia dalam air liur mereka yang mematikan kulit korban mereka, sehingga mereka dapat meminum darah mangsa mereka tanpa korban mereka tahu.

6. Jika diperhatikan, Kelelawar sangat menggemaskan

Jika diperhatikan, Kelelawar sangat menggemaskan

Kalau diperhatikan dari gambar bayi kelelawar di atas, setuju kan kalau tidak semua dari mereka menyeramkan, ada yang justru sangat menggemaskan !