Ikan Cupang Ini Dihargai 20 Juta Rupiah

Hobi binatang – Ikan cupang atau ikan yang bernama latin Betta sp adalah ikan hias air tawar yang banyak di pelihara masyarakat di Indonesia. Ikan Cupang banyak ditemukan di sekitar kawasan Asia tenggara tepatnya di negara Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunai Darusalam, Vietnam dan juga Indonesia.

Di Indonesia ikan cupang banyak ditemukan disekitar sungai-sungai dan pulau kalimantan dan sumatra. Ikan kecil yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan yang agresifdan sangat menjaga daerah teritorialnya, terutama saat musim kawin datang.

Untuk memelihara ikan ini tidak sulit, karena ikan cupang dapat memakan pelet ikan ataupun nyamuk dan juga jentiknya.

Untuk perawatan ikan cupang tidaklah rumit, cukup sediakan aquarium dengan ukuran kira kira 15 x 3o Cm dan jangan berikan aksesoris aquarium seperti pompa air maupun pompa udara, karena ikan cupang tidak menyukai tempat tinggal dengan arus deras dan cenderung menyukai tempat dengan arus yang tenang. Ikan cupang di bagi menjadi dua jenis,yaitu ikan cupang hias dan ikan cupang aduan.

1. Ikan Cupang Termahal Jenis Hias

Ikan Cupang Termahal Jenis Hias

Kecantikan ikan cupang hias memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan bentuk sirip yang besar, unik, dan memiliki corak warna yang beragam ini memang membuat kita terkagum-kagum melihatnya. Jenis ikan cupang hias merupakan ikan yang paling banyak di pelihara di rumah karena ikan jenis ini memiliki manfaat sebagai pembawa suasana tenang ketika kita melihatnya.

Untuk merawat ikan cupang hias inipun terbilang mudah. Ada banyak jenis ikan cupang hias yang tersebar disepenjuru dunia ini dan yang terbanyak berada di Kawasan Asia Tenggara, seperti ikan cupang halfmoon, ikan cupang serit, ikan cupang slayer, ikan cupang giant dan ikan cupang double tail.

2. Ikan Cupang Termahal Jenis Aduan

Ikan Cupang Termahal Jenis Aduan

Ciri-ciri ikan cupang aduan atau Giant Betta sangat mudah untuk dikenali. Ikan cupang aduan memiliki tubuh yang besar dan ukuran sirip yang kecil, sangat terbalik dengan saudaranya yaitu Ikan Cupang Hias. Ikan ini terkenal karena keagresifanya yang tinggi walaupun jenis ikan cupang hias juga memiliki sifat agresif.

Sekarang ini juga mulai banyak negara yang menyelenggarakan kompetisi pertarungan Ikan Cupang Aduan. Ya,para pemiliki Ikan Cupang Aduan tidak khawatir akan rusaknya sirip ikan cupang mereka kerena memang ikan cupang aduan dipelihara untuk dijadikan ikan petarung.

3. Ikan Cupang Termahal Di Dunia

Jika kita beranggapan ikan cupang hanya memiliki harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah baru-baru ini ada ikan cupang dari Thailand yang menggemparkan dunia karena menjadi ikan cupang termahal di dunia yang pernah ada.

Ikan cupang termahal di dunia berjenis cupang plakat ini memang memiliki warna yang cantik dan unik.Keunikan dari ikan cupang termahal didunia ini terdapat pada pola warna pada sirip dan ekor menyerupai bendera Thailand.

Pemiliknya yang bernama Mr. Kacen Wora Chai yang merupakan pembudidaya ikan hias di Thailand ini berhasil menjual ikan cupangnya pada lelang jual beli ikan cupang di Facebook. Beliau memang merupakan pembudidaya ikan cupang yang sukses membudidayakan berbagai jenis ikan cupang termahal di dunia. Mr. Kacen hanya berharap ikannya terjual seharga beberapa ribu bath,tetapi selang dua hari dia upload vidio ikan cupangnya di Facebook,dia terkejut karena sudah ada tawaran mencapai 10.000 Bath.

Mr. Kacen lalu menutup lelang setelah beberapa hari dan ikan cupangnya terjual seharga 53.500 Bath atau jika kita rupiahkan sekitar Rp 20.000.000 Wowww sangat fantastik bukan. Ikan cupang ini menjadi ikan cupang termahal di dunia hingga saat ini.

Banyak para pembudidaya ikan cupang di Thailand berusaha membudidayakan ikan cupang sehingga memiliki corak warna seperti bendera Thailand, hingga mirip seperti ikan cupang termahal di dunia milik Mr. Kacen tetapi tidak bisa. Inilah yang membuat ikan miliknya memiliki harga yang fantastik karena kelangkaannya. Keunikan inilah yang membuat ikan cupang milikinya menjadi satu-satunya ikan cupang termahal di dunia.