Ini Dia Jenis Kucing Peliharaan Terlucu

Hobi binatang – Hampir kebanyakan jenis / ras kucing memiliki bentuk yang lucu dan bisa diadopsi bagi para pecinta hewan. Biasanya, Kucing dikategorikan lucu jika Kucing yang memiliki tingkah yang lucu dan mudah bergaul dengan manusia atau dengan hewan peliharaan yang lainnya.

Menjadi catatan penting bahwa apabila kucing memiliki kriteria aman bagi kesehatan anak kecil maka nilai plus dari kucing itu sendiri menjadi naik dan mendorong seseorang untuk memeliharanya. Dibawah ini www.hobibinatang.net akan menyajikan jenis kucing peliharaan terlucu yang memiliki kriteria seperti diatas :

Ini Dia Jenis Kucing Peliharaan Terlucu

1. Kucing Anggora

Kucing Anggora

Kucing Anggora atau nama sebenarnya kucing ini adalah Turkish Angora merupakan jenis kucing peliharaan terpopuler di Indonesia setelah kucing Persia. Nama kucing ini didapat dari daerah asalnya yaitu Ankara – Turki, yang pada saat itu banyak sekali orang yang menyebutnya dengan Angora. Anggora termasuk dalam jenis kucing berbulu panjang dan eksotis. Anggora adalah kucing yang lincah dan memiliki tubuh yang kekar. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing pintar dan suka bermain dengan pemiliknya maupun dengan orang lain. Kucing ini sangat menawan dan bagi pemiliknya wajib memiliki rasa humor yang tinggi apabila ingin melihat sisi sebenarnya dari kucing jenis ini.

2. Kucing Persia

Kucing Persia

Tidak dapat dipungkiri bahwa kucing persia menjadi primadona di Indonesia. Kucing ini merupakan jenis kucing peliharaan yang sangat lucu dan mudah bergaul dengan manusia. Dengan bawaannya yang lembut dan kalem menjadi salah satu daya tarik dari kucing jenis ini. Kucing persia akan begitu menikmati saat dekat bersama pemiliknya atau beberapa orang yang disukainya. Mengapa begitu? kucing yang berasal dari Persia / Iran ini tidak suka dengan orang yang kasar dan akan begitu dekat kepada orang yang memperlakukan mereka dengan lembut dan penuh kasih sayang. Wahh hebat yaa, kucing aja punya perasaan segitunya.

Dilihat juga : Tips Merawat Bulu Kucing

3. Kucing Turkish Van

Kucing Turkish Van

Kucing ini merupakan salah satu ras kucing alami yang berasal dari Turki. Kucing jenis Turkish Van pertama kali dikembangbiakkan di Inggris. Kucing ini dijuluki sebagai “kucing perenang”, karena Turkish Van sangat suka dengan air. Ras kucing ini diberi nama “Van” karena kucing ini memiliki warna putih di bagian badan, dan warna lain di bagian kepala dan ekor.

4. Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair

Kucing peliharaan yang lucu berikutnya adalah Exotic shorthair. Pembawaanya yang agak berhati-hati membuat adaptasi dengan orang lain akan menjadi lebih lama, namun setelah beberapa waktu kemudian kucing ini akan menjadi sangat akrab dan lucu. Exotic shorthair dikenal sebagai jenis kucing yang mempunyai kesetiaan yang sangat kuat kepada sang pemiliknya. Jenis kucing ini sangat gemar mengikuti kemana pemiliknya pergi, misalnya sedang berjalan di sekitar rumah maka kucing exotic ini akan dengan setia mengikutinya.

5. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Kucing ragdoll termasuk salah satu dari beberapa jenis kucing yang berperawakan elegan. Kucing jenis ini merupakan jenis kucing muda dari siblingnya. Pada era tahun 1960 an kucing ini mendapatkan namanya (ragdoll) karena bentuk tubuhnya yang menyerupai tipe kucing himalaya dan memiliki bagian titik hitam seperti kucing siamese. Kucing ragdoll merupakan jenis kucing peliharaan yang jinak dan cenderung lebih suka bergaul dengan pemiliknya dibanding berjelajah di lingkungan luar. Pembawaan yang kalem dan postur tubuh yang lemas ketika diberikan sentuhan atau belaian halus pada bulu-bulunya menggambarkan betapa kucing ini menjadi manja ketika diperhatikan.

6. Kucing Birman

Kucing Birman

Kucing Birman merupakan namanya dari negara asalnya, yaitu Burma atau Myanmar. Kucing ini identik dengan kehidupan kuil di negara asalnya. Disebut-sebut sebagai bentuk reinkarnasi karena warna matanya yang Berwarna biru seperti titisan dewi dari kuil. Perawakannya tegap dan kuat dengan sebutan kucing color point seperti halnya kucing siamese / kucing siam.

Kucing ini juga senang dengan beberapa jenis permainan hingga kadang mereka bisa menjadi sok sibuk sendiri hingga akhirnya akan mencari pemiliknya jika sudah bosan dengan permainannya. Kucing ini juga cukup fleksibel, bisa mengerti kesibukan pemiliknya hingga dia akan setia menunggu pemiliknya pulang kerja atau pulang sekolah.

7. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing maine coon adalah kucing yang berasal dari Benua Amerika Serikat, lebih tepatnya di daerah Maine, New England. Sebenarnya tidak banyak referensi mengenai asal-usul kucing ini, namun ada beberapa kalangan yang menyebutkan bahwa kucing ini merupakan hasil dari kawin silang antara kucing liar dengan rakun, namun mitos tersebut banyak terbantahkan karena melihat kemungkinannya sangat kecil.

8. Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian merupakan jenis kucing peliharaan yang sangat aktif. Berbeda jika dibandingkan dengan jenis kucing exotic shorthair maupun kucing persia. Kucing ini akan secara aktif berinteraksi dengan manusia tanpa membeda-bedakan. Jika anda menginginkan seekor kucing untuk menemani anak anda bermain game atau bermain lego, pilihan anda akan tepat jika memilih untuk memelihara jenis kucing abyssinian. Kucing ini juga tergolong dalam salah satu dari sekian jenis kucing yang aman bagi anak kecil.

9. Kucing Burmese atau Burma

Kucing Burmese atau Burma

Kucing yang berasal dari Burma / sekarang lebih dikenal dengan Myanmar ini merupakan salah satu jenis pussycat. Kucing burma biasanya memiliki warna coklat tua dan memiliki perawakan yang sangat lucu dan menggemaskan. Tipe kucing ini adalah mudah bergaul dengan manusia ataupun dengan hewan lainnya. Kucing burma akan senang jika pemiliknya menyempatkan waktu untuk memangkunya dan memberikan belaian halus pada bulu-bulunya. Apabila anda tipe orang yang sibuk anda juga bisa mencarikan teman bermain bagi mereka karena kucing jenis ini memang suka bermain dan berinteraksi meskipun dengan hewan lain.

10. Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Jenis Kucing Scottish Fold adalah jenis kucing unik yang memiliki model berbeda dengan kucing lainnya. Jika kebanyakan kucing memiliki daun telinga yang meruncing, maka jenis kucing ini memiliki daun telinga yang menutup. Sehingga kucing ini pun mendapatkan sebutan sebagai kucing berwajah burung hantu. Kucing ini biasanya ramah, tenang, dan bisa bersahabat dengan binatang piaraan lainnya. Mereka juga dikenal senang bermain, setia, suaranya lembut, cerdas, dan mudah beradaptasi dengan situasi rumah, dan pemiliknya, termasuk pada anak-anak.

11. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Munchkin adalah salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras kucing ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, Kucing Munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia.

12. Kucing Manx

Kucing Manx

Kucing Manx atau biasa disebut Rumpy merupakan salah satu jenis kucing yang tidak memiliki ekor, atau kalaupun ada ekornya akan berukuran sangat pendek. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Berbeda dengan sifat kucing pada umumnya, Kucing Manx sangat menyukai air, mereka suka memasukkan tangannya ke dalam air atau tempat minum. Kucing ini tergolong mahal, harganya dapat mencapai Rp 10-40 juta. Namun karena faktor keunikan dan sejarahnya, Manx tetap banyak diburu oleh para kolektor kucing di seluruh dunia.

13. Kucing Bengal

Kucing Bengal

Kucing Bengal atau Blacan merupakan jenis kucing keturunan ketiga dari hasil kawin silang antara kucing American Shorthair dengan Kucing Asian Leopard. Kucing ini berasal dari California, Amerika Serikat. Meskipun tergolong kucing hutan, namun ras bengal termasuk hewan yang banyak digemari dan dijadikan hewan peliharaan.

14. Kucing Siberia

Kucing Siberia

Kucing Siberia atau sering disebut Moscow Semi-longhair merupakan salah satu jenis kucing domestik alami yang berasal dari Siberia, di Rusia. Kucing Siberia memiliki nama lengkap “Kucing Hutan Siberia”. Jenis Kucing Siberia ini merupakan jenis kucing bertubuh pendek dengan bulu sedang, dengan berbagai macam warna bulu. Kucing ini masih merupakan kerabat dekat ras Maine Coon dan ras Norwegian Forest.

15. Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail atau bisa juga disebut Kucing Hutan Bobtail (ekor pendek) telah ada sejak dulu di Amerika, program pengembangbiakan baru mulai berkembang sekitar akhir tahun 1960-an. Ciri utama ras kucing ini adalah ekor yang pendek dan tebal, sekitar 1/3 panjang normal ekor kucing pada umumnya. Seperti juga pada kucing Manx, bentuk ekor yang pendek tersebut merupakan hasil mutasi genetik.

16. Kucing Kampung

Kucing Kampung

Jangan underestimate pada kucing kampung, kucing yang sering disebut dengan kucing javanese ini dikenal banyak orang hingga dinobatkan sebagai salah satu jenis kucing peliharaan yang bersahabat dengan manusia. Kucing ini mirip dengan kucing bali atau kucing siamese yang memiliki jenis / corak bulu yang hampir sama. Kucing jawa ini sering mengikuti pemiliknya dan sering sekali menggesek-gesekan tubuhnya ke kaki pemiliknya.

Mungkin masih ada beberapa jenis kucing lucu yang belum disebutkan pada artikel ini, akan tetapi kucing-kucing ini termasuk kucing yang cukup populer di Indonesia dan bagi pecinta kucing yang senang memelihara dan memanjakan kucing kesayangannya. Semoga artikel mengenai jenis kucing ini dapat membantu sahabat yang akan mengadopsi kucing untuk dirawat di rumah.

17. Kucing Bali

Kucing Bali

Salah satu kucing pribumi atau kucing asli Indonesia yang cukup lucu dan menarik untuk dipelihara. Kucing Bali atau Balinese dikenal banyak orang karena gerakannya yang menyerupai penari Bali yang cukup tersohor. Kucing ini sangat identik karakteristiknya dengan kucing Siamese / kucing siam namun memiliki bulu yang lebat seperti halnya kucing persia. Kucing bali cukup aktif dan enak untuk diajak bermain, kucing ini juga aman untuk anak-anak dan membuatnya menjadi teman yang asik.