Jenis Burung Frinch Populer di Indonesia

Hobi binatang – Saat ini banyak sekali penghobi burung yang memelihara berbagai macam burung kicau. Pecinta burung kicau pasti akan memelihara burung kicauan kesayangannya dengan sebaik mungkin agar bisa gacor dan bisa hidupnya bertahan lama.

Sebagian besar para pecinta burung kicau merawatnya sebab hobi memeliharanya, entah itu sebagai hiburan di rumah atau merawatnya untuk dilombakan.

Burung finch atau pipit sudah dikenal dunia sejak zaman dahulu. Burung dari keluarga Frigillidae ini dulu digunakan oleh seorang ilmuan yang bernama Charles Darwin.

Karena banyaknya kolektor burung yang telah mengiport beberapa jenis burung dari mancanegara.

Kemudian juga banyaknya breeder yang telah menangkarnya, menjadikan jenis burung finch ini semakin banyak.

Berikut 2 Jenis Burung Frinch Populer di Indonesia

Zebra Finch

Zebra Finch

Burung pipit yang cantik dengan motif belang-belang pada bagaian dadanya seperti kuda zebra ini juga merupakan jenis burung finch yang banyak dicari oleh pecinta burung kicau.

Hal ini juga disebabkan keindahan dari motif warna burung pipit jenis ini. Sama seperti gouldian finch, zebra finch juga mempunyai banyak varian warna yang sangat terlihat eksotik.

Hal tersebut disebabkan dari hasil kawin silang zebra finch yang berbeda warna. Hasil dari croos breeding atau mengawinkan silang dari burung zebra finch.

Antara lain adalah burung zebra finch dada hitam, zebra finch muka hitam, zebra finch fawn, Florida fancy zebra finch dan juga zebra finch jambul.

Untuk jenis burung-burung tersebut termasuk burung zebra finch yang paling banyak dicari para pecinta burung kicau di Indonesia.

Strawberry Finch

Strawberry Finch

Jenis burung finch yang berikut ini dinamakan strawberry finch (red avadapat) karena memiliki corak warna bulu yang menyerupai buah strawberry.

Antara lain yaitu bulu-bulu yang didominasi warna merah. Kemudian juga dihiasi dengan bintik-bintik berwarna putih.

Yang mana selama musim kawin, burung finch jantan akan lebih memproduksi warna merah yang disertai dengan bintik-bintik putih yang semakin banyak, kepala berwarna merah gelap serta bagian ekor berwarna hitam.

Pada daerah sekitar pulau Jawa, strawberry finch ini lebih populer dengan nama emprit geni. Burung strawberry finch juga banyak dipelihara sebab selain memiliki warna yang eksotik, kualitas kicauannya pun tergolong sangat mempuni.

Khususnya burung dengan jenis kelamin jantan yang punya suara kicauan yang merdu menyerupai suara seruling dengan volume yang sangat lantang. Jadi, burung ini kerap dipelihara sebagai burung pemaster ataupun burung masteran.

Makanan untuk strawberry finch ini terdiri atas beberapa macam biji-bijian. Antara lain yaitu, canary seed, niger seed, milet putih, dan juga kecambah yang kerap diberikan pada burung kenari.

Untuk makanan tambahan atau extra fooding yang biasa diberikan berupa sayuran yang masih segar. Antara lain yaitu selada, lobak dan lain sebagainya.

Telur rebus, kulit telur dan juga sotong dapat diberikan sebagai tambahan mineral serta kalsium untuk burung strawbery finch yang cantik ini.