Jenis Burung Kakaktua Beserata Gambar

Hobi binatang – Burung kakaktua adalah salah satu jenis burung yang memiliki banyak peminat dan disukai oleh para pecinta burung paruh bengkok di seluruh dunia.

Kebiasaan dan perilaku yang lucu, khas serta pandai menirukan suara manusia membuat jenis burung yang satu ini menjadi primadona klangenan.

Namun adanya pemburuan liar di habitatnya, maka burung ini keberadaannya terancam punah dan pemerintah sudah menetapkan jika kakaktua menjadi burung yang dilindungi.

Jenis Burung Kakak Tua Beserata Gambarnya

1. Kakaktua Jambul Putih (Cacatua Alba)

Kakaktua Jambul Putih (Cacatua Alba)

Kakak Tua ini memiliki panjang tubuhnya mencapai 45 cm. sedangakan seluruh bulunya berwarana putih, dengan kaki dan paruh berwarna hitam, di Indonesia habitatnya ada di Maluku bagian tengah dan Maluku bagian utara.

Dalam ukuran berat dari jenis burung ini yaitu 400 gram pada jenis kakak tua betina. Kemudian untuk kakak tua jantan pada umumnya punya berat 800 gram.

Serta mempunyai ukuran paruh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan burung yang berjenis kelamin betina. Sedangkan untuk daerah yang banyak dihuni burung ini yaitu di maluku bagian utara serta banyak tinggal di hutan tropis.

Burung ini punya usian yang panjang kurang lebih mampu bertahan hidup selama 80 tahunan. Lebih jelasnya dibawah ini gambar burung kakak tua putih.

2. Kakaktua Raja (Probosciger Aterrimus)

Kakaktua Raja (Probosciger Aterrimus)

Burung kakaktua ini bercirikan seluruh bulu-bulunya berwarna hitam, sedangkan panjang tubuhnya mencapai 55-70 cm. Ukuran yang cukup besar diantara kakak tua lain, sedangkan di bagian kepala serta pipi sekitar paruhnya ada kulit berwarna merah, dengan paruh berwarna hitam yang besar, dan yang uniknya lagi burung ini memiliki jambul yang eksotis. Diketahui sepesias ini dengan bentuknya yang sepesifik hanya 3 jenis dengan ras yang serupa yaitu Atterimus Goliath, Atterimus Atterimus, dan Atterimus Stenolophus.

3. Kakaktua Putih Jambul Oranye (Cacatua Sulphurea)

Kakaktua Putih Jambul Oranye (Cacatua Sulphurea)

Burung Kakatua jambul jingga ini ukuran tubuhnya kecil. dengan panjang tubuhnya rata-rata 35 cm. Sedangkan bulunya berwarna putih cerah, ada jambul diatas kepalanya yang berwarna oranye atau jingga, di ekornya selaras nuansa warana oranye. Habitatnya terdapat di indonesia bagian timur tepatnya di Nusa Tenggara dan Sulawesi.

4. Kakaktua Jambul Kuning (Cacatua Galerita)

Kakaktua Jambul Kuning (Cacatua Galerita)

Burung dewasa memiliki ukuran antara 40-45 cm. dengan bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya, Burung ini memiliki jambul berwarna kuning dan tampak cerah. Serta nuansa kuning menghiasi bagian dalam sayapnya.

5. Kakaktua Seram, Maluku (Cacatua Moluccensis)

Kakaktua Seram, Maluku (Cacatua Moluccensis)

Jenis ini dengan ciri khas seluruh bulunya berwarna putih dengan nuansa bulu-bulunya berwarna merah muda, sedangkan dibagian kepalanya terdapat jambul yang berwarna jingga oranye. Habitat dan penyebarannya adalah di Pulau Haruku, Pulau Seram yang memiliki laut yang tenang, termasuk wilayah Maluku bagian selatan.

Jenis burung kakak tua Maluku termasuk burung asli yang berasal dari daerah maluku. Yang mana burung ini bisa punya tinggi mencapai 45 hingga 52 cm.

Dan juga memiliki berat lebih dari 850 gram. Sehingga burung ini lebih populer jadi salah satu jenis kakak tua yang punya ukuran tubuh begitu besar.

6. Kakaktua Rawa (Cacatua Goffini)

Kakaktua Rawa (Cacatua Goffini)

Untuk jenis kakatua rawa merupakan burung yang asalnya dari daerah papua. Dan biasanya, burung ini punya tinggi badan antara 35 sampai dengan 41 cm dan punya berat antara 270 sampai dengan 630 gram.

Lalu untuk jenis yang betina pada umumnya akan punya ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung yang jantan. Pada habitat yang kerap dihuni oleh burung ini yaitu pada daerah rawa.

Daerah ini membuat burung lebih mudah pada saat mencari minum. Kemudian dekat juga dalam mencari tempat makan yang pada umumnya ialah biji liar atau bisa juga jagung dan juga gandum. Dibawah ini gambar burung kakak tua Rawa.

7. Kakaktua Galah (Eolophus Roseicapilla)

Kakaktua Galah (Eolophus Roseicapilla)

Kakatua galah sering dikenal dengan Kakatua dada mawar, Kakatua Merah muda serta ungu. Yang merupakan satu jenis kakatua yang sering dijumpai dan tersebar luas.

Mereka bisa ditemukan pada daerah terbuka di hampir setiap bagian daratan Australia.

Jenis burung kakatua ini begitu dilarang keluar dari wilayah Australia. karena memang sangat ketat peraturannya pada arus keluar masuk hewan ke Australia dan dari Australia.

Oleh sebab itu breeder diluar Australia, khususnya di Jerman, Afrika Selatan, dan Belanda mereka mengatasinya dengan cara jalan konservasi pada penangkaran.

Buktinya mereka sukses menangkarkan hewan ini. Jadi anakannya sudah di ekspor pada beberapa negara dunia, termasuk juga di negara Indonesia. Berikut gambar burung kakak tua Galah.

8. Kakaktua Korela (Cacatua Sanguinea)

Kakaktua Korela (Cacatua Sanguinea)

Burung ini hampir sama dengan burung Kakak tua Rawa, hanya yang membedakan kelopak mata atau kulit yang ada dilingkar matanya lebih besar dan juga berwarna biru terang, sedangkan panjang tubuhnya panjangnya 40 cm. Warna Bulunya putih, dengan sedikit sekali warna merah muda terdapat dibawah hidungnya. Penyebaran burung ini ada di Papua hingga Australia.

9. Kakaktua Korela Oranye (The Corella)

Kakaktua Korela Oranye (The Corella)

Burung kakaktua ini berukuran sedang, berbulu putih dan ekornya pendek, memiliki tuhuh kekar dengan rahang atas yang panjang. ada warna kekuninggan di bawah sayap dan ekor. sedangakan di dahinya ada warna oranye atau merah, pada lingkar mata warana abu-abu kebiruan.

10. Kakaktua Tungging Ekor Merah (Cacatua Haematuropygia)

Kakaktua Tungging Ekor Merah (Cacatua Haematuropygia)

Ciri-ciri Burung Kakaktua Tungging adalah memiliki bulu berwarna putih, ciri yang sangat has ialah pada ekornya ada warna jingga agak kemerahan dan pada ujung ekornya berwarnan gradasi putih ke kuninggan. Ciri lain terdapat pada bawah sayapnya berwarna kekuninggan, serta gerakanya lebih tenang, untuk ukuran tubuhnya antara 31 cm. berat tubuhnya sekitar 300 gm.

Jenis Kakatua ini paling langka di dunia bahkan sudah terancam kepunahan. Sebab kerap dibunuh alasannya dianggap sebagai hama pertanian. Kemudian penangkapan ilegal pada alamnya juga untuk diperjual-belikan.

Saat tahun 2008 tercatat kurang lebih dari 1000 ekor pada habitatnya. Karakteristik dari jenis ini yaitu punya bulu sekujur tubuh putih dengan bulu pada bagian bawah ekor warnanya jingga kemerahan.

Kemudian berujung putih kekuningan, lalu di bagian sayap bawah berwarna kuning agak pucat. Burung kaaktua yang telah dewasa bisa mencapai ukuran 30cm. Punya warna suara serupa dengan kakatua yang lainnya. Akan tetapi karakteristik jenis burung ini bisa jauh lebih tenang.

11. Kakaktua Biru (Cacatua Sanguinea)

Kakaktua Biru (Cacatua Sanguinea)

burung kakaktua rawa, tetapi dengan kombinasi warna putih dan biru di tubuhnya. burung ini berukuran kecil, seorang fotografer telah mengabadikan momen yang langka ini, burung trsebut berada di Australia.