Jenis dan Cara Merawat Burung Manyar

Hobi binatang – Burung manyar merupakan jenis burung kecil pemakan biji-bijian. Burung ini sangat unik sekali karena memiliki kemampuan kicau yang bervariasi. Burung manyar cocok untuk dijadikan burung masteran seperti jenis manyar tempua, manyar emas, serta manyar jantan.

Jenis dan Cara Merawat Burung Manyar

Namun bukan hanya cari tahu saja tentang jenis burung yang dapat di masterkan, akan tetapi anda harus bisa merawat burung ini dengan sebaik mungkin. Karena jika ingin anda memiliki burung yang berkualitas tinggi, anda harus memperhatikan beberapa hal sebagi berikut:

1. Memilih Anakan Burung Manyar

Cara pertama yang harus anda lakukan jika anda ingin memiliki burung yang untuk di jadikan sebagai masteran adalah dengan cara memilih anakan atau piyikan burung manyar.

Hal ini di karenakan sangat mudah jika untuk melatih burung anakan manyar, jika kita melatih sejak dini, pastinya burung akan sangat terbiasa dengan intruksi yang telah di berikan oleh sang pemilik.

2. Memposisikan Kandang

Jika anda sudah memiliki anakan burung manyar sebaiknya anda dapat memposisikan kandang burung dengan tepat, karenaini juga sangat mepengaruhi kondisi mood dari burung manyar dimana jika memposisikan kandang burung manyar samapi salah, pastinya akan sangat fatal.

Yaitu burung bisa merasakan stres, dan ini yang dapat mengakibatkan pembahayaan pada nyawa si burung. Alangkah baiknya jika anda ingin memelihara burung manyar anakan sebaiknya anda bisa meposisikan kandang dengan di gantung secara rendah saja, jangan terlalu tinggi.

Dan tidak hanya memposisikan burung di kandang dengan rendah akan tetapi anda juga bisa menempatkan burung ini di temapt yang ramai di lalui oleh interaksi manusia. disitulah burung akan bisa terbiasa dengan interaksi manusia.

3. Pemandian Burung

Step berikutnya adalah memandikan burung manyer secara rutin, mengapa burung juga harus kita mandikan? agar burung terhindar dari bahaya kuman atau bakteri yang menempel pada sayap si burung. Jika burung rutin dimandikan pastiny burung akan lebih merasakan segar dan lebih sehat juga tentunya.

Cara memandikannya sangatlah mudah yaitu dengan cara seprotkan burung dengan spray lakuakan langkah ini minimal 2 kali sehari anatar pagi dan sore.

4. Menjemur Burung

setelah menadikan burung alangkah baiknya kita lakukan penjemuran pada burung tersebut, Jangan sampai lupa untuk menjemur burung sebentar pada saat matahari terbit.

Tapi lebih baik untuk menjemur sebelum jam 12. Tapi usahakan agar burung manyar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena bisa saja sinar matahari mendadak bersinar terik.

Sinar matahari yang terik bisa berakibat fatal. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada burung manyar dikarenakan terkena serangan heat stroke. Tapi jika penjemuran burung manyar di waktu yang pas. Justru akan memberikan banyak manfaat bagi burung manyar.

5. Membersihkan Kandang Burung

Tidak hanya burung saja yang harus di bersihkan, akan tetapi kebersihan kandang juga sangat penting bagi kesehatan burung agar tetap terjaga dengan baik, kandang yang bersih pastinya burung akan terjaga juga kesehatannya dan akan terhindar juga dari berbagai macam penyakit yang dapat mengancam nyawa burung.

Caranya yaitu bersihkan kandang burung dari kotorannya, bersihkan juga tempat atau wadah minum dan makanan si burung, bila perlu di semprot jugadengan menggunakan air.

6. Penggantian Air Minum Secara Rutin

Bukan hanya kebersihan burung dan kandng juga Rutin untuk mengganti air minum burung manyarpun sangatlah penting, Sehingga kemungkinan burung manyar sakit akibat minuman yang terkontaminasi bisa terhindar.

Air minum bisa berakibat fatal, jadi anda harus memperhatikan kondisi air. Kalian harus rutin memberikan mereka air bersih. Jangan lupa untuk selalu membuang air yang tersisa dan menggantinya dengan yang baru.Karena bisa saja air minum yang lama sudah terkontaminasi.