Jenis dan Harga Burung Ciblek Indonesia

Hobi binatang – Burung Ciblek merupakan jenis burung kicau asli Indonesia. Burung Ciblek atau yang biasa dikenal dengan sebutan prenjak atau bernama latin Cisticolidae. Burung ini merupakan contoh burung penyannyi dari sekian banyak deretan burung perkicau yang ada di tanah air.

Secara umum perawakan burung Ciblek sangat mirip dengan burung Gereja dan burung Pipit, badannya imut dengan dominasi warna hitam dan sentuhan kecokelatan. Bagi orang yang tidak terlalu mengenal jenis-jenis burung hal ini cukup membingungkan.

Jenis dan Harga Burung Ciblek Indonesia

Di tahun 2017, harga Ciblek semakin naik mengingat banyaknya perlombaan di berbagai wilayah Indonesia. Burung ini juga sangat diperhitungkan di ranah kontes burung kicau, kalau Anda ingin mengikutsertakan dalam lomba harus sering-sering melatihnya. Walaupun memang secara kelas, burung ini belum sepenuhnya mampu disandingkan dengan burung kicau kelas atas yang suaranya sulit tertandingi seperti Cucak Rowo, Cucak Ijo, dan Murai Batu. Faktor ini pula yang membuat harga burung Ciblek di pasaranjadi lebih murah.

Beberapa jenis burung Ciblek yang populer di Indonesia memang memiliki postur tubuh yang kecil dan suara kicauan yang unik. Burung tersebut dikenal dengan burung Ciblek sawah, Ciblek Jawa, Ciblek Tambak dan Ciblek Gunung.

Namun meskipun burung Ciblek terdiri dari beberapa jenis yang cukup populer, keberadaan burung ini semakin disayangkan karena bisa dikatakan hampir punah. Nah bagi anda para pecinta burung kicauan, akan lebih baik jika anda memiliki niat dan tekat untuk melestarikan burung-burung jenis Ciblek ini. Sebab untuk mencegahnya agar tidak punah, burung tersebut juga dapat menemani hari-hari anda dengan suara kicauannya yang merdu dan indah. Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis Ciblek yang ada di Indonesia dan sering diperlombakan.

Seperti yang telah disebutkan bahwa burung Ciblek berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis-jenisnya bisa dibedakan berdasarkan daerah masing-masing. Dalam kesempatan kali ini, mari mengenal lebih jauh tentang harga burung Ciblek dan aneka jenisnya.

  • Harga burung Ciblek Tasik yang asalnya dari salah satu wilayah di Jawa Barat tersebut bisa didapatkan dari harga Rp 175.000 untuk yang masih bakalan.
  • Harga burung Ciblek Jawa Timur memiliki rentang yang lebih terjangkau daripada jenis Tasik. Anda sudah bisa membawanya pulang mulai dari Rp 75.000 untuk jenis yang masih bakalan.
  • Ciblek Kristal memiliki tampilan yang cukup menggoda, cocok untuk Anda yang juga mencari keindahan. Harga burung Ciblek Kristal yang sudah dewasa bisa dibeli sekitar Rp 200.000.
  • Ciblek Semi adalah jenis lain yang patut diperhitungkan, Anda bisa mendapatkan dengan harga cukup terjangkau. Harga burung Ciblek Semi di pasaran mulai dari di bawah Rp 100.000.
  • Harga burung Ciblek Gunung berada pada kisaran Rp 125.000 hingga Rp 250.000 tergantung ukurannya. Habitat utamanya berada pada wilayah perbukitan atau di gunung.
  • Ciblek Sawah bisa mudah dijumpai karena sering berkeliaran di area persawahan untuk memakan padi. Harga burung Ciblek Sawah yang sudah pandai melakukan gacor di patok sekitar Rp 125.000.
  • Ciblek bahan merupakan burung yang masih dalam usia muda dan belum bisa sepenuhnya melakukan gacor. Harganya burung Ciblek bahan berada pada rentang Rp 75.000 hingga Rp 100.000 untuk semua jenis.
  • Ciblek Dada Putih memiliki karakter menonjol berupa bulu-bulu warna putih di sekitar dadanya. Harga burung Ciblek Dada Putih yang sudah mulai menunjukkan bakat gacor cukup mahal yaitu Rp 350.000.
  • Harga burung Ciblek Kristal bahan lebih murah dari Ciblek Kristal yang sudah besar. Anda bisa membelinya di pasaran mulai dari harga Rp 50.000 saja.