Jenis Ikan Predator Hias di Akuarium

Hobi binatang – Ikan Predator merupakan jenis ikan yang dapat dikategorikan sebagai ikan berbahaya. Pada umumnya jenis ikan ini juga merupakan puncak rantai makanan disuatu ekosistem tertentu. Meski demikian ada beberapa jenis ikan predator hias di akuarium.

Saat ini ikan hias predator masih menjadi primadona untuk mengisi kekosongan akuarium dirumah, meski pada dasarnya ikan ini merupakan ikan pemangsa sekaligus berbahaya.

Apa saja jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai penghias akuarium di rumah? Berikut jenis ikan predator yang dapat dijadikan hiasan akuarium :

1. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar yang paling populer untuk di isi di akuarium ikan hias. Ikan ini merupakan jenis ikan asli Indonesia dan ikan hias yang memiliki warna indah dan dilengkapi sisik membentuk ring.

Ikan ini sering dianggap dengan ikan naga karena memiliki sungut dan gaya renang ikan tersebut gagah. Dalam perdagangan ikan hias, arwana juga diekspor di berbagai negara.

2. Arapaima

Arapaima

Araipama adalah jenis ikan air tawar terbesar, bahkan terbesar di dunia. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan dan dapat tumbuh hingga 3 meter dengan berat 200 kg.

Ikan predator besar ini memiliki harga yang cukup mahal. Harga ikan araipama seukuran lengan orang dewasa, dapat mencapai angka Rp. 1,500,000.

3. Red Tail Catfish

Red Tail Catfish

Ikan predator yang satu keluarga dengan ikan lele ini memakan ikan-ikan yang berukuran kecil. Bukan hanya ikan kecil saja, namun jenis hewan bercangkang seperti kepiting, remis juga menjadi santapannya.

4. Ikan Palmas

Ikan Palmas

Ikan Palmas merupakan ikan hias air tawar yang luar biasa, hal ini karena keindahan siripnya dan terlihat seperti dapat jalan dan dapat bertahan cukup lama diluar air.

Ikan predator ini berasal dari Afrika Barat, untuk memeliharanya di akuarium, sangat disarankan untuk ditutup karena ikan ini dapat melompat dari dalam air.

Palmas memakan pakan hidup seperti ikan-ikan kecil atau cacing sutra.

5. Ikan Datnoid

Ikan Datnoid

Ikan predator berikutnya adalah ikan datnoid atau ikan yang biasa dikenal dengan ikan harimau. Untuk memelihara ikan predator air tawar ini, akuarium harus dilengkapi dengan tanaman air dan tempat bersembunyi. Hal ini lantaran ikan jenis Datnoid suka bersembunyi untuk menangkap mangsanya.

6. Ikan Payara

Ikan Payara

Ikan paraya adalah ikan predator yang memiliki gigi tajam. Amerika selatan adalah habitat aslinya. Payara mampu hidup hingga 5 tahun, namun saat ini lebih banyak ikan paraya yang dapat hidup hanya dalam usia 2 tahun.

7. Ikan Jaguar Cichlid

Ikan Jaguar Cichlid

Ikan predator jenis jaguar cichlid merupakan jenis ikan predator air tawar yang sangat agresif, gigi ikan ini sangat tajam dan rahangnya sangat kuat.

Ikan jaguar memangsa ikan-ikan kecil dan invertebrata, warnanya yang cantik membuat banyak penghobi memasukan ikan ini sebagai ikan hias di akuarium.