Jenis Udang Berbahaya di Lautan Mantis Shrimp

Hobi binatang – Udang Mantis shrimp atau Thumbspiltter merupakan jenis udang yang biasa hidup di pasir dan umumnya keluar di malam hari untuk mencari mangsa. Udang kipas (Cmiw) ini memiliki warna yang sangat menarik.

Disebut mantis, karena bentuk dan sifatnya yang sangat mirip dengan belalang mantis atau lebih kenal dengan belalang sembah. Udang mantis adalah krustacea laut, yang merupakan anggota dari ordoStomatopoda

Cakar mantis shrimp digunakan seperti tombak untuk menusuk mangsanya. Dan ini sangat tajam. Untuk udang mantis ukuran yang besar, cakar udang mantis dapat memotong jari manusia. Senjatanya yang lain adalah tinjunya. Kecepatannya bisa menyerupai kecepatan peluru kaliber 22 serta populer dikenal sebagai jempol splitter.

Udang mantis meninju dengan kecepatan melebihi 80 km/jam untuk memberikan efek yang serius pada targetnya. Bagian luar alat pemukul udang mantis terdiri dari kristalisasi mineral hidroksiapatit dengan konsentrasi yang sangat tinggi.

Sistem kerja cakarnya tidak seperti hewan-hewan bercakar lainnya yang digunakan untuk mencengkram kemudian merobek mangsanya. Udang ini justru mengendalikan momentum kecepatan cakarnya.

Di habitatnya, tinju mantis digunakan mencari makan juga, seperti memecahkan cangkang kerang, kepiting ataupan cangkang moluska yang lainnya.

Selain cakar yang digunakan untuk memangsa dan bertahan dari pemangsa, ekor udang ini juga terdapat duri tajam.

Sekali bertelur, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Udang mantis juga terkenal sebagai binatang yang sangat posesif terhadap teritorinya. Setiap ada mahluk lain yang mendekat lubangnya, akan diserangnya tanpa ampun.

Ada sekitar 400 jenis mantis yang keberadaannya tersebar di seluruh dunia. Salah satu yang mempunyai warna menarik, dan sering menjadi obyek foto para fotografer underwater, adalah peacock mantis shrimp (Odontodactylus scyllarus ). Warna tubuhnyalah yang membuatnya disamakan dengan burung merak.