Makanan dan Perawatan Terbaik Ikan Louhan

Hobi binatang – Pemberian makanan terhadap ikan louhan biar serta perawatan yang baik saat mengajak berinteraksi atau membuat ikan louhan menjadi agresif adalah hal penting yang harus dilakukan.

Makanan dan Perawatan Terbaik Ikan Louhan

Banyak cara yang dapat dilakukan agar ikan louhan menjadi agresif, biasanya kebanyakan penghobi menggunakan kaca cermin, ada juga yang menggunakan makanan yang di gerak-gerakan dari luar aquarium.

Selain memberikan makanan perangsang pertumbuhan jenong, sebenarnya memberikan pakan pada ikan louhan agar jenong merupakan cara kedua, yang terutama ialah berinteraksi supaya agresif dan membuatnya marah. Cara ini lebih efektif agar mempercepat pertumbuhan jenongnya.

Makanan dan Perawatan Terbaik Ikan Louhan

Pada dasarnya pakan untuk ikan hias ada tiga yaitu: makanan alami, makanan buatan, dan makanan siap saji dari pabrik. Dari ketiga makanan ini bisa dikombinasikan untuk diberikan secara tepat pada ikan louhan dan yang terpenting adalah komposisinya.

Kandungan lemak dan protein pakan harus ada dalam diet untuk merangsang pertumbuhan nong-nongnya. Jadi untuk mendapatkan kandungan lemak dan protein tinggi adalah makanan dari jantung sapi, cacing beku, cacing tanah, bayam, dan wortel. Semua bahan makanan ini dicampurkan menjadi satu dan dibuat seperti pelet ditambah bahan agar-agar sebagai perekat makanan.

Dilihat juga : Cara Membedakan Kelamin Ikan Louhan Jantan dan Betina

Pakan buatan tersebut bisa diberikan secara bergantian dengan pakan dari pabrik dan juga pakan alami, pemberian pakannya bisa sampai 3 s/d 4 kali dalam sehari.

Pemilihan Makanan dan Perawatan Terbaik Ikan Louhan

Agar warna ikan louhan menjadi merah dan cerah sebetulnya adalah karena faktor gen dasar dan faktor internal yang memang berbakat berwarna merah, namun jika bakat warna merah tidak diseimbangi dengan pemberian makanan yang tepat maka tidak akan berbentuk maksimal.

Ada beberapa makanan dan perawatan agar ikan louhan menjadi merah dan cerah, diantaranya:

  • Berikanlah makanan yang mengandung astaxanchin atau betacarotene, yang terdapat pada kandungan udang, cacing pisang, dacing darah (blood worm), spirulina dan sayur-sayuran.
  • Menjaga kondisi air agar tetap bersih dengan cara mengganti air sebanyak 20%-30% dalam waktu satu minggu sampai dua minggu sekali.
  • Berikanlah pakan secukupnya, jangan sampai berlebihan dan kekurangan. Jika kekurangan maka ikan louhan akan pucat dan jika berlebihan maka ikan louhan akan menghitam.