Mengenal Ciri dan Sifat Kucing Maine Coon

Hobi binatang – Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing yang unik dan menjadi salah satu ras kucing tertua di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Konon kucing maine coon dipercaya sebagai nenek moyang ras kucing anggora dan norwegian forest.

Kucing ini memiliki mata yang tajam dengan moncong hidung dan mulut yang khas. Selain itu, kucing jenis ini memiliki keterampilan berburu yang cerdas dan menjadi aslah satu kucing populer di dunia.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kucing maine coon ini akan kami berikan informasi tentang ciri kucing maine coon serta sifatnya yang lucu.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

1. Tubuh yang mudah beradaptasi

Tubuh yang mudah beradaptasi

Kamu pasti tahu bukan bahwa di Amerika sana mempunyai iklim yang bisa dibilang ekstrim. Nah dengan iklim tersebut, semua anggota tubuh si kucing ini beradaptasi.

Bulu yang mengkilap, tebal dan bahkan anti air membuat kucing maine coon dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan, terutama mengingat bahwa di Amerika sana mempunyai iklim yang bisa dibilang ekstrim.

Bulu di bagian leher, perut dan kaki yang tebal berfungsi untuk melindungi tubuh dari salju dan suhu dingin. Ekor kucing ini juga panjang dengan bulu yang tebal, pasti ia akan merasa sangat hangat saat tidur dengan melingkarkan tubuhnya.

Dilihat juga : Cara Adopsi Kucing Anggora Gratis

2. Tubuh yang besar dan panjang

Tubuh yang besar dan panjang

Kucing ini memiliki postur tubuh cukup tinggi, berotot dan tulangnya besar. Pejantan maine coon umumnya memiliki berat badan kisaran 6–9 Kg dan panjang badan mencapai 1m, kemudian untuk betinanya biasanya lebih kecil dengan berat badan 4–6 Kg.

Dengan tambahan bulu musim dingin sekitar 7cm membuat maine coon ini terlihat lebih besar dan panjang bahkan pernah tercatat ada yang pernah mencapai panjang badan sekitar 121 cm (dihitung dari ujung kepala sampai ekor).

Meskipun mempunyai tubuh yang bisa dibilang besar dan panjang seperti ras kucing besar lainnya, pertumbuhan dan perkembangan kucing maine coon tergolong lambat. Hal ini dibuktikan dengan bentuk tubuh dewasa baru bisa dicapai pada umur 3 – 5 tahun.

3. Bentuk kepala yang unik

Bentuk kepala yang unik

Ciri fisik utama yang dimiliki kucing maine coon ini tedapat pada kepala, bentuk badan, tekstur bulu dan bulu di sekitar leher yang menyerupai singa. Lihat saja gambar di bawah ini :

Bagian kepala si kucing ini mempunyai telinga yang besar lalu lancip pada bagian ujungnnya dan diselimuti bulu lebat, kepalanya mempuyai ukuran yang sedang dan lebar, dahinya sedikit melengkung dengan tulang pipi yang menonjol.

Matanya juga lebar dan sedikit oval, bisa terlihat bulat ketika matanya terbuka lebar.

Hidungnya pun lebar dan sedikit melengkung pada bagian ujung dengan dagu yang tajam menambah ciri-ciri yang hanya dimiliki pada si kucing maine coon ini.

Kemudian pada bagian leher yang berukuran sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kakinya sedang dengan tulang dan otot yang kuat.

4. Mata yang indah

Mata yang indah

Kucing maine coon memiliki mata yang indah lho. Bentuk matanya oval dan terlihat besar dan manis juga sangat cocok dengan hidungnya.

5. Ekor yang terlihat seperti kemoceng

Ekor yang terlihat seperti kemoceng

Ekornya memanjang dan lebar pada bagian pangkal kemudian semakin menipis ke ujung dibalut dengan bulu yang lebat.

6. Warna-warni kucingnya

Warna-warni kucingnya

Salah satu dari sekian banyak keunikan si kucing ini adalah punya banyak variasi warna. Seperti yang sudah dikutip dalam wikipedia indonesia, pola warna kucing maine coon :

tabby klasik atau makarel (cokelat + abu-abu), merah (coklat kejinggaan + krem), solid (putih/hitam/biru/merah), tortoiseshell (hitam + biru), dan silver (perak-hitam/perak-biru/perak-merah/perak-krem).

Sifat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan kucing yang ramah dan bersahabat dengan manusia, semakin sering membelai kucing ini maka ikatan yang kamu jalin dengan si kucing akan semakin bagus dan ia akan lebih suka berada di sekitarmu.

Kucing ini bisa merupakan jenis yang mandiri, walaupun ia dibesarkan di rumah namun ia akan cepat beradaptasi. Kucing yang punya ciri khas yang unik dibandingkan dengan kucing yang lain ini memang bagus, namun masih kurang populer dibandingkan dengan kucing persia.

Kemudian sifat yang ramah dengan pemilik, mandiri dan suka bermain air ini juga menjadi perhitungan sendiri untuk mempunyai kucing maine coon sebagai rekomendasi kucing peliharaan dirumah selain kucing anggora dan kucing munchkin serta persia.