Mengenal Jenis Burung Kicau Wiwik Kelabu

Hobi binatang – Burung wiwik atau burung dara dasih merupakan jenis burung yang dapat ditemukan di China, Asia Tenggara dan India. Di Indonesia juga merupakan salah satu negara yang lokasi penyebaran burung wiwik.

Mengenal Jenis Burung Kicau Wiwik Kelabu

Burung wiwik memiliki warna bulu yang orange terang dipadu dengan warna abu-abu dan hitam. Burung ini juga biasa disebut denga kedasi, manuk uncuing dan emprit ganthil. Burung wiwik ini memiliki karakter yang cukup unik. Dia sangat pemalu, jarang melihatkan wujud aslinya. Selain itu dia lebih suka berada di tempat yang sepi. Misalnya kuburan, kebun bambu dan lainnya.

Burung wiwik jantan dan betina, biasanya saling bersautan untuk memberikan tanda akan kawin. Apalagi suara dari burung wiwik ini memang lantang dan menjadi ciri khas dari burung ini. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang mulai memeliharanya

Selain suara yang lantang dan bulu yang cantik. Ada suatu yang unik dari burung ini. Dia dikenal sebagai burung parasit. Suka menitipkan telurnya ke sarang burung lain. Jadi dia tidak suka mengerami telurnya sendiri. Dia akan meletakkan telur anaknya ke sarang burung lain. Dia akan meninggalkan begitu saja. Telur yang dimiliki burung wiwik coraknya hampir sama dengan telur di sarang tersebut. Anak burung wiwik, akan menetas lebih cepat dibandingkan telur asli di sarangnya. Nanti anakan burung wiwik, akan menjatuhkan semua telur yang belum menetas, sehingga dia akan mendapatkan asupan makanan yang lebih banyak.

Anakan burung wiwik akan membunuh semua anakan dari burung lain. Sebagaimana umumnya parasit, maka burung Kedasi atau Wiwik mendapatkan makanan dari inangnya, sementara inang akan menderita akibat parasitisme oleh Kedasi atau Wiwik ini. Beberapa jenis burung yang biasa menjadi inang misalnya adalah Cipoh kacat, Remetuk laut, Kipasan belang, dan jenis-jenis Perenjak dan Cinenen.