Mengenal Jenis dan Keistimewaan Burung Pelatuk

Hobi binatang – Burung pelatuk saat ini terdapat lebih dari 218 jenis yang dapat ditemukan diberbagai belahan dunia dengan jenis yang berbeda. Di Indonesia, berdasarkan sumber dari john mackinnon dalam buku burung-burung di sumatra, bali dan kalimantan terdapat 23 jenis burung pelauk dengan ciri-ciri yang berbeda.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis burung pelatuk seperti burung pelatuk bawang, pelatuk kundang, pelatuk merah, pelatuk kijang, pelatuk besi, pelatuk ayam dan burung pelatuk pangkas. Desain kaki burung pelatuk mengarah ke 2 kaki depan dan 2 lagi ke belakang tersebut memungkinkan burung Pelatuk untuk berpegangan ditempat dengan permukaan vertikal. Selain itu, kaki-kaki burung Pelatuk juga bisa digunakan untuk bertengger dan menggenggam layaknya burung lain.

Jenis Burung Pelatuk Populer di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di atas cukup banyak jenis burung pelatuk yang tersebar di seluruh dunia. Namun untuk kali ini hobibinatang hanya akan membahas beberapa jenis burung pelatuk yang berasal dari indonesia saja dan populer.

Pelatuk Bawang (Dinopium Javanse)

Pelatuk Bawang (Dinopium Javanse)

Burung pelatuk bawang atau sering juga di sebut dengan nama pelatuk besi ini memang memiliki ciri khas berupa jambul yang berwarna merah dan warna bulunya yang didominasi oleh warna hijau. anatara pleatuk bawang jantan dan betina bisa di bedakan melalui warna bulu yang dimilinya terutama pada bagian kepala (jambul) untuk pelatuk jantan biasanya memiliki jambul yang berwarna merah. dari segi suara burung pelatuk bawang juga memiliki suara yang tidak kalah tajam dari suara burung cililin.

Dilihat juga : Mengenali Jenis dan Ciri-ciri Burung Jalak Suren

Pelatuk Ulam (Dendrocopus macei)

Pelatuk Ulam (Dendrocopus macei)

Burung pelatuk ulam atau sering juga di sebut dengan caladi ulam (sunda) memang menjadi salah satu burung masteran favorit yang memiliki suara yang tidak kalah tajam dengan burung pelatuk bawang. secara fisik burung ini memang memiliki ciri bulu (jambul) yang hampir sama dengan burung pelatuk bawang. bedanya untuk burung jenis ini lebih didominasi oleh bulu yang berwarna hitam.

Pelatuk Tunggir Emas (Chrysocolaptes ludicus)

Pelatuk Tunggir emas (Chrysocolaptes ludicus)

Burung pelatuk jenis ini merupakan salah satu burung pelatuk yang bisa di katakan lebih besar jika di bandingkan dengan jenis burung pelatuk lainnya. secara fisik burung ini memang sangat mirip dengan pelatuk bawang. akan tetapi jika anda amati lebih dalam lagi ada satu perbedaan yang saya rasa bisa anda gunakan untuk membedakan kedua jenis burung tersebut. perbedaanya terletak pada warna hitam di sekitar matanya untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini secara langsung.

Makanan Burung Pelatuk

Makanan Burung Pelatuk

Burung pelatuk merupakan jenis burung yang memakan segala jenis serangga kecil yang ditemukan. Di alam liar, pelatuk memakan segala jenis larva serangga hingga serangga dewasa sejenis kumbang, kecoa, kalajengking dan jenis lainnya. Kemampuan paruhnya yang kuat dapat membuatnya sangat mudah berburu berbagai jenis larva di balik kayu pepohonan.

Hal-hal Istimewa dari Burung Pelatuk

Jenis burung pelatuk memang banyak dan pada umumnya burung ini memiliki warna yang beragam dan bisa dikatakan memiliki warna yang mirip dengan batang pohon. Selain memiliki daya tarik pada suaranya, hal lain yang membuat burung pelatuk ini banyak diminati karena keindahan tampilan fisiknya.

Namun biasanya warna utama dari burung Pelatuk ini adalah warna hitam / hijau / coklat . Bentuk tubuhnya yang kecil dan atletis juga menjadikannya tampak sangat simpel dan elegan. Dilihat dari berbagai keunggulan tersebut burung Pelatuk ini menjadi pilihan burung peliharaan yang bagus

Bentuk tubuhnya yang kecil dan atletis juga menjadikannya tampak sangat simpel dan elegan. Dilihat dari berbagai keunggulan tersebut burung Pelatuk ini menjadi pilihan burung peliharaan yang bagus.