Mengenal Jenis dan Sifat Burung Pleci

Hobi binatang – Burung pleci badan boleh kecil namun suara jangan ditanya. Meskipun kecil, kemampuan kicau burung ini bisa diandalkan dan cukup menghibur. Bahkan telah ada perlombaan burung yang sering melibatkan jenis burung Pleci ini. burung ini cukup laku di pasaran ada juga komunitasnya yang bernama pleci mania, untuk mendapatkan pleci yang gacor ada beberapa tahap yang perlu dilakukan yaitu perawatan terutama dengan makanan.

Untuk mendapatkan suara bagus atau biasa disebut sebagai masteran perawatannya cukup jemur setiap harinya nah untuk makan cukup ribet yaitu kacang ijo, gula merah dan telur.

Jenis Pleci ini sangat populer pada tahun 2014 hingga 2015. Namun hingga saat ini, masih memiliki banyak penggemar. Hal itu membuat permintaan burung jenis ini di pasaran cukup tinggi. Tidak sedikit juga yang menangkarkan jenis burung ini karena hal tersebut.

Mengenal Jenis dan Sifat Burung Pleci

Spesies burung ini memiliki habitat di kawasan tropis dan subtropis. Kita bisa menemukan persebaran di Asia, seperti India, China, dan Indonesia. Dinegara kepulauan seperti Indonesia, terdapat spesies Pleci endemik yang hanya hidup di tempat itu saja.

Burung Pleci yang berukuran kecil dan berwarna kehijauan ini cukup diminati karena suaranya yang menarik. Dengan harga yang relatif terjangkau, burung ini memiliki segmen tersendiri. Melatih burung ini bisa membuat penggemar burung akan lebih rileks dan terhibur.

Dalam hal perilaku, burung Pleci merupakan jenis burung yang bergerombol atau memiliki koloni. Dalam mencari makan dan berburu, burung ini selalu berkelompok. Dengan demikian, bila kita melihat 1 ekor burung Pleci di alam liar, berarti disekitar tempat itu ada banyak burung Pleci yang mencari makan.

Ketika bergerombol membentuk koloni, burung Pleci ini bahkan bisa bergabung dengan jenis lain. Dengan demikian, burung yang lincah ini bisa terlindung dari predator. Jumlah mangsa yang banyak bisa mengecilkan kemungkinan burung ini tertangkap.

Makanan burung Pleci di alam liar adalah buah buahan seperti pisang, pepaya danserangga kecil yang biasanya ada di sela pohon. Namun burung ini juga bisa mengonsumsi nektar atau sari tanaman dan juga buah-buahan. Dengan cara makan yang fleksibel, burung jenis Pleci ini bisa bertahan hidup dan mudah beradaptasi.

Apabila ditangkarkan atau dijiakkan, burung Pleci bisa makan berbagai jenis makanan buatan seperti voer. Selain itu, kita bisa menambahkan sayuran dan serangga agar makanan bisa lebih bervariasi. Dengan demikian, maka burung akan lebih sehat dan bisa berkicau dengan sempurna.