Mengenal Karakteristik dan Harga Anjing Shih Tzu

Hobi binatang – Anjing Shih Tzu, atau Shi Shih Tzu (anjing singa batu) adalah jenis anjing kecil berambut panjang yang berasal dari Dataran Tinggi Tibet. Shih Tzu merupakan salah satu jenis anjing tertua yang bertahan hingga saat ini. Pada bahasan hobibinatang.com kali ini akan berbagi kepada anda tentang sejarah, karakter dan kepribadian serta harga anjing Shih Tzu murni.

Sejarah ditemukannya Shih Tzu

Berdasarkan analisis genetika dan penelitian, dipastikan Shih tzu muncul di Dataran Tinggi Tibet (China) setidaknya 10.000 tahun yang lalu (mungkin lebih lama). Sejak zaman kuno, Shih Tzu telah dianggap sebagai keturunan anjing yang mulia, sering diadopsi oleh biksu Tibet dan dibesarkan sebagai hadiah untuk kaisar Cina kuno.

Sejarah ditemukannya Shih Tzu

Meskipun ada tempat khusus di dinasti feodal Tionghoa, Shih Tzu hampir tidak dikenal oleh seluruh dunia sampai tahun 1861. Pada tahun 1928, sepasang anjing Shih Tzu yang pertama dibawa ke Inggris oleh Lady Brownrigg, istri seorang jenderal di Cina utara. Sejak saat itu Shih Tzu telah dikenal luas di Inggris dan negara-negara Barat, jumlah anjing Shih Tzu yang diimpor ke Inggris juga meningkat.

Di Indonesia, anjing Shih Tzu sudah banyak diadopsi sejak 2011. Meski memiliki banyak penggemar, jumlah anjing Shih Tzu di Indonesia saat ini tidak tinggi karena sulitnya meningkatkan kemampuan adaptasi.

Karakteristik dan kepribadian anjing Shih Tzu murni

Karakteristik dan kepribadian anjing Shih Tzu murni

Shih Tzu adalah jenis anjing yang cukup kecil, dengan tinggi badan 20-25cm dan berat 3 – 8kg. Mereka tergolong mainan ukuran anjing (ukuran <25cm). Anjing Shih Tzu memiliki rambut yang sangat panjang, kebanyakan anjing Shih Tzu akan memiliki bulu panjang yang akan disapu saat mereka dewasa tanpa dipangkas. Warna lambang biasanya ringan, mungkin putih, kuning, krim monokrom atau krim dan coklat, kuning atau hitam. Mantel pendek dan alami keriting tapi akan panjang dan lurus saat mereka dewasa. Anjing Shih Tzu memiliki mantel yang sangat lurus dan mulus yang sebagian besar karena ditekan dengan mudah. Mereka juga memiliki rambut panjang yang sangat unik di daerah kepala yang sering diikat agar terlihat seperti topi.

Kepala anjing Shih Tzu bulat dan memiliki bulu lebat. Telinga panjang dan menggantung di sisi kepala. Mata bulat dan besar dengan warna coklat, hidung tersengat, dan moncong pendek dengan mulut kecil yang indah. Karena mata mereka yang besar dan agak besar, mereka cenderung cedera saat bermain. Anda harus memeriksa dan membersihkan mata mereka setiap hari.

Karakteristik dan kepribadian anjing Shih Tzu murni

Shih Tzu lembut, penyayang dan sangat dekat dengan pemiliknya, tapi mereka sulit untuk mendekati orang asing karena sedikit pemalu. Jenis anjing ini cukup nakal saat mereka tinggal di rumah sendiri, mereka suka berlari-lari dan merobek barang-barang yang lembut, jadi jaga agar tetap berada dalam kandang atau rantai saat Anda membiarkannya sendirian. Shih Tzu mudah beradaptasi dengan tinggal di tempat yang sempit, mereka tidak perlu bergerak atau bermain terlalu banyak, hanya beberapa mainan karet dan guratan Anda bisa membuat mereka bahagia sepanjang hari. Namun, mereka perlu kehabisan paling sedikit 3 kali seminggu untuk “meredakan stres” dan melepaskan kelebihan energi.

Harga Shih Tzu murni di Indonesia?

Harga anak anjing Shih Tzu murni di Indonesia tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1-2 juta per anak anjing. Anak-anak anjing yang diimpor dari Thailand akan dikenakan biaya sedikit lebih tinggi, sekitar 2-3 juta. Harganya tidak tinggi tapi ada beberapa Shih Tzu murni. Karena sejumlah kecil anjing Shih Tzu murni, banyak orang menyilangkannya dengan jenis anjing rambut panjang lainnya seperti anjing Pekejing.

Harga Shih Tzu murni di Indonesia

Anjing hibrida di antara breed ini sangat mirip dengan Shih Tzu murni, jadi mereka mudah salah tempat jika Anda tidak berpengalaman. Mereka hanya mudah untuk membedakan ketika mereka berusia sekitar 3 bulan. Mantel di bagian atas kepala Shih Tzu murni juga jauh lebih panjang dari pada anjing hibrida.

Anjing Shih Tzu yang diimpor dari Barat akan harganya jauh lebih tinggi, sekitar $ 1500 per anak anjing, yang berarti bahwa harga anjing tersebut adalah 5 sampai 8 kali dari harga Shih Tzu yang lahir di Indonesia. Meskipun Shih Tzu adalah anjing Asia, jenis anjing ini adalah yang paling populer di Eropa, sehingga peternakan Shih Tzu berkembang sehingga kualitas setiap anjing yang diimpor dari Eropa sangat tinggi.