Mengenali Jenis dan Ciri-ciri Burung Jalak Suren

Hobi binatang – Jenis burung jalak tidak hanya populer karena kapasitasnya yang dapat menirukan suara manusia. Namun beberapa keahlian dan kemampuannya sangat mengagumkan seperti kicauan.

Terdapat beberapa jenis burung jalak dan ada 1 yang paling populer seperti jalak suren karena dapat menirukan suara manusia seperti halnya Beo. Burung jalak suren memiliki variasi warna hitam dan putih itu juga memiliki power suara yang dapat dikatakan lebih berkarakter dan lebih populer dibandingkan dengan burung jalak lainnya.

Burung jalak suren sering dijadikan ikon utama pada setiap ajang kejuaraan atau kontes gantangan di berbagai wilayah di Tanah Air.

Ciri-ciri Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren Jantan :

  • Burung jalak suren jawa jantan dan betina paling akurat dilihat dari segi ukuran dan warna tubuhnya.
  • Panjang tubuh burung jalak suren jawa pada umumnya 20-24 cm. Untuk Jalak Suren Jawa jantan, umumnya bagian punggung serta leher dengan warna hitam mengkilap
  • Warna putihnya pada burung jalak suren jawa jantan ini juga terlihat lebih bersih. Sedangkan di bagian anusnya ada warna biru yang gelap.

Burung Jalak Suren Betina :

  • Ukuran kepalanya tampak sedikit ramping. Bentuk maupun ukuran badanya cenderung lebih bulat dan ada warna hitam serta oranye di bagian tubuhnya terlihat sedikit kusam
  • Pada saat berkicau jalak suren betina tidak punya tingkah laku seperti burung jalak suren jawa Jantan yang dapat berkicau dengan membusungkan dada.
  • kicauan burung Jalak Suren betina juga hanya terlalu monoton, tidak seperti burung jalak suren jawa jantan yang lebih bervariasi.

Makanan Burung Jalak Suren

Mengenali Jenis dan Ciri-ciri Burung Jalak Suren

Dalam merawat burung jalak suren jawa, semua penangkar sangat menantikan dimana saat burung ini membuka paruhnya. Agar burung jalak suren mau membuka mulut serta berkicau tidaklah mudah.

Selain melakukan trapi dengan pola dan cara perawatan harian yang harus sesuai dengan karakter burung jalak itu, segi makanan yang dimakan juga dapat mempengaruhi.

Pemberian buah segar juga dapat membuat jalak suren lebih sehat dan juga rajin gacor salah satunya adalah memberinya makan buahan segar.

Dalam berbagai macam jenis buah yang paling sering disajikan kepada burung yang bernama ilmiah Gracupica contra ini antara lain adalah buah pisang, pepaya, buah apel, dan lain sebagainya.

Untuk buah pisang adalah buah yang paling digemari oleh setiap jenis burung pemakan buah yaitu buah pisang kepok putih.

Sedangkan untuk buah apel, banyak dari kalangan pecinta burung yang mengatakan jika buah apel merah lebih bagus diberikan pada burung jalak suren dari pada buah apel hijau.