Perbedaan Kucing Anggora Dengan Kucing Persia

Hobi Binatang – Kucing Anggora maupun kucing persia merupakan jenis kucing yang rasnya sangat populer dan banyak dipelihara oleh masyarakan umum diseluruh dunia, termasuk Indonesia. 2 jenis kucing tersebut terkenal dengan bulunya yang tebal dan wajah yang menggemaskan.

Terkadang untuk membedakan kucing anggora dengan kucing persia, sedikit sulit bagi orang awam. Namun bersama www.hobibinatang.net akan kami bagikan 12 perbedaaan kucing anggora dengan kucing persia.

1. Bentuk wajah kucing perisa dan anggora berbeda

Bentuk wajah kucing perisa dan anggora berbeda

Perbedaan yang paling menonjol ialah bentuk wajah kedua kucing yang tidak sama. Karena kucing anggora memiliki bentuk wajah yang lebih mirip dengan kucing kampung dengan bentuk yang segitiga. Hidung kucing anggora agak sedikit mancung dan telinga berbentuk runcing memanjang serta memiliki bulu halus diujung telinganya.

Sedangkan kucing persia memiliki wajah yang bulat, berhidung pesek dan jika dilihat dari samping bentuk dahi, hidung serta dagu nampak datar. Selain itu mata kucing persia banyak memiliki variasi dibandingkan kucing anggora.

2. Tubuh kucing anggora dan persia juga beda

Tubuh kucing anggora dan persia juga beda
Kucing Anggora
Tubuh kucing anggora dan persia juga beda
Kucing Persia

Kucing anggora bertubuh ideal, langsing, tidak terlalu berotot dan tinggi memanjang. Hampir mirip dengan bentuk kucing kampung. Adapun kucing persia tubuhnya pendek, kaki lebih pendek dan terlihat bulat. Makanya banyak yang mengatakan persia lebih lucu dibandingkan anggora.

3. Bulu kucing

bulu kucing anggora
Kucing Anggora
bulu kucing persia
Kucing Persia

Bulu kucing ras anggora lumayan tebal walaupun tak setebal persia. Terutama untuk bagian wajah terdapat bulu yang tebal dan di bagian ekor anggora, bulunya juga tebal serta panjang sehingga mirip sekali dengan ekor musang.

Berbeda dengan kucing persia, yang mana hampir semua anggota tubuhnya berbulu lebat. Dari mulai wajah hingga ujung ekor.

4. Bentuk kaki

Menyesuaikan tubuhnya yang tinggi. Kaki kucing anggora lebih panjang. Adapun kucing persia memiliki kaki yang pendek sehingga terlihat imut dan menggemaskan.

5. Ekor kucing

Perbedaan kucing anggora dan kucing persia yang kelima dilihat dari ekornya. Rata rata ekor anggora berbulu lebat, panjang seperti kemuceng atau ekor musang. Kalau untuk ekor kucing persia, dia juga berbulu tebal dan lebat setara dengan bulu bulu di seluruh tubuhnya, namun hanya saja tidak sepanjang ekor kucing anggora. Bisa lihat pada gambar di atas.

6. Sifat kucing

Apabila poin poin di atas menjelaskan bagaimana cara membedakan anggora dan persia dari segi fisik. Maka kali ini kita akan melihat dari segi karakter atau sifatnya. Karena kucing anggora dan persia juga memiliki sifat yang berbeda.

Kucing anggora cenderung suka bermain, aktif, mudah dilatih, ramah dengan hewan lain serta manusia, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, penurut, cerdas, kreatif dan mudah beradaptasi. Sedangkan kucing persia tidak aktif, pendiam, kalem, penurut, pemalas dan manja.

Meski demikian, sebenarnya itu semua tergantung pada kedisiplinan dalam melatih. Tidak semua kucing persia pemalas, misalnya persia medium. Pergerakannya agak aktif menurut saya.

7. Anti body kucing

Berdasarkan banyak survei di grup komunitas cat lovers, kucing persia mudah terserang penyakit, daya tahannya lemah sehingga anda harus menjaga kesehatannya selalu dari pemberian pakan dan tempat tinggalnya.

Adapun kucing anggora daya tahan tubuhnya lebih kuat, tidak mudah terserang penyakit. Jadi kuat bila diletakkan pada cuaca seperti apapun.

8. Sifat grooming

Apa itu grooming? Grooming adalah memandikan kucing. Yups jelas grooming pada kucing anggora lebih simpel, mudah dan tidak ribet, meski begitu tetap harus diperhatikan. Dan grooming pada kucing persia tergolong susah dan ada banyak hal yang perlu kalian perhatikan. Karena antibodynya sangat lemah dan rentan terhadap penyakit.

9. Aktifitas kucing

Perbedaan kucing anggora dan persia berikutnya adalah dari segi aktivitasnya. Kucing anggora cenderung suka santai atau duduk di lantai. Selain itu ia juga suka sekali bermain, cara berjalannya luwes alias santai dan terlihat energik. Kucing anggora juga suka mencari tempat yang tinggi untuk dipanjat.

Sedangkan kucing persia dilihat dari sifatnya memang pemalas, sehingga ia cenderung suka berdiam diri di tempat, tidur, istirahat dan cara berjalannya pun lambat, terlihat manja. Namun terkadang kucing persia juga bisa aktif bermain loh sob, saat ia merasakan bosan maka kucing persia tiba tiba bersikap luwes dan aktif saat bermain.

10. Habitat aslinya

Asal atau habitat asli kucing anggora adalah di daerah Ankara (Angora) Turki yang sudah dikenal sejak tahun 1600 an. Adapun kucing persia berasal dari Persia (Iran) yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Italia sejak tahun 1620 an hingga sampai ke Indonesia.

11. Keaslian kucing

Kucing anggora sangat langka di Indonesia, karena pemerintah melarang adanya ekport kucing anggora ke Indonesia. Hal itu membuat keasliannya masih terjamin dari habitat asalnya. Meskipun kadang kita jumpai ada di Indonesia, yang ras nya tidak asli alias sudah tercampur dengan kucing persia atau kampung. Namun, sangat jarang menemukannya.

Berbeda dengan kucing persia yang saat ini sudah banyak beredar di Indonesia, bahkan anda bisa menemukan di perumahan atau di jalan. Rata-rata kucing persia yang ada di Indonesia ini sudah disilangkan dengan kucing lokal kampung atau jenis lainnya. Jadi keaslian rasnya kurang terjamin.

12. Harga Kucing

Untuk masalah harga perlu juga dibahas di sini, karena salah satu yang membedakan antara kucing anggora dan persia adalah dari harganya. Kucing anggora harganya lebih mahal daripada kucing persia. Selain mahal, kucing anggora juga tidak ada di Indonesia, walaupun ada itu sangat dikit atau sudah campuran dari hasil perkawinan dengan kucing persia atau kucing kampung.