Tips dan Cara Budidaya Burung Walet

Hobi binatang – Burung walet merupakan salah satu jenis burung komoditas ekspor yang sangat istimewa karena manfaat. Terutama apa yang dihasilkan dari air liurnya. Air liur burung walet atau biasanya disebut sarang burung walet ini mempunyai harga yang sangat mahal.

Tips dan Cara Budidaya Burung Walet

Bagi anda yang ingin mencoba beternak burung walet dari awal, tidak ada yang tidak bisa dilakukan asalkan diiringi dengan kesabaran dan ketekunan untuk terus mempelajari hal yang ingin kamu geluti tersebut.

Berikut ini merupakan panduan mengenai cara budidaya burung walet.

1. Membuat Sarang Untuk Burung Walet

Langkah pertama untuk melakukan ternak burung walet tentu saja adalah dengan cara membuat sarang untuk burung walet yang kamu miliki. Tempat tinggal burung walet atau sarang atau kandang yang mendukung perkembangan burung walet akan memancing burung walet membuat sarangnya di dalam kandang.

Oleh karena itulah kamu harus sangat cermat dalam membuat rumah yang akan digunakan sebagai tempat untuk beternak burung walet tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat rumah dengan baik. Pertama adalah, bahwa tempat yang disukai oleh burung walet untuk membuat sarangnya sebenarnya sama dengan tempat yang disukai oleh burung sriti.

2. Pembibitan Anakan Burung Walet

Anakan burung walet berupa telur bisa anda dapatkan dengan membelinya di pasar burung yang menyediakan berbagai macam telur burung walet. Pilihlah telur burung walet yang berkualitas.

3. Memberikan Plat Alumunium Pada Sarang

Apabila sarang burung waletmu sudah selesai dibuat, maka langkah berikutnya adalah memberikan plat-plat alumunium pada sarang sebagai bentuk modifikasi dan pengembangan sarang lanjutan yang bisa digunakan untuk merawat rumah burung walet dengan lebih baik lagi.

Plat alumunium tersebut bisa kamu letakkan di sudut-sudut atap. Burung walet menyukai plat alumunium untuk membuat sarangnya. Langkah berikutnya, untuk meletakkan telur harus kamu lakukan dengan hati-hati.

4. Mengetahui Ciri-ciri Burung Walet

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri burung walet yang bisa kamu ketahui.

  • Sayapnya berbentuk sabit yang melengkung dan meruncing
  • Warnanya gelap secara utuh, kalaupun ada warna lain kemungkinan besar porsinya kecil
  • Tubuhnya berukuran sedang atau kecil tidak beda jauh dengan burung gereja
  • Memiliki kecepatan terbang yang tinggi
  • Kaki dan paruhnya berukuran sangat kecil
  • Burung ini tidak bisa berjalan dengan kakinya sehingga tidak pernah hinggap di pohon
  • Walet memiliki kebiasaan berdiam di gua atau rumah yang cukup lembab, remang-remang dan gelap
    dengan menggunakan langit-langit pada tempat tersebut untuk menempelkan sarang sebagai tempat beristirahat dan berbiak.
  • Walet juga mencari makan serangga yang terbang terutama pada saat sore hari atau ketika hari sudah mulai surup.

5. Memilih Sarang Gedung di Tempat Yang Sepi

Dalam pemilihan lokasi untuk membuat rumahan walet, sebaiknya kamu meletakkannya jauh dari suara bising atau lingkungan yang terlalu lama karena apabila lingkungan bising, burung walet bisa tidak betah dan malah akhirnya pergi dan mencari sarang dan kandang yang lain.

Selain itu, pastikan juga bahwa setelah gedung tersebut selesai dibuat, atau direvonasi, oleskan kotoran walet yang dicampur dengan air di sekitar gedung tersebut dan juga di dalam gedung tersebut untuk membuat gedung berbau seperti burung walet sehingga burung walet menjadi tertarik untuk diam di dalamnya.