Tips dan Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Hobi binatang – Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang habitat asalnya di negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Saat ini sudah banyak beraneka ragam jenis ikan cupang seperti Ikan Cupang Plakat, Cupang Giant, Ikan Cupang Double Tail, Ikan Cupang Slayer, Ikan Cupang Fancy, Ikan Cupang Halfmoon, Ikan Cupang Serit.

Tips dan Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

Namun pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang ikan cupang aduan. Jenis ikan cupang aduan tidaklah sebanyak jenis ikan cupang hias. Ikan cupang aduan hanya memiliki dua jenis, yaitu ikan cupang plakat, dan ikan cupang giant. Untuk harga ikan cupang aduan kualitas standar dengan ukuran 5-7 cm dijual seharga Rp 15.000 per ekor.

Sedangkan untuk harga ikan cupang aduan kualitas super berukuran 8-10 cm dijaul seharga Rp 50.000 per ekor. Semakin besar ukuran ikan cupang aduan maka akan membuat harga jualnya semakin tinggi. Berikut daftar harga jenis ikan cupang dari yang termahal hingga termurah.

Dalam melatih ikan cupang aduan, beberapa trik dibawah ini dapat dijadikan acuan agar ikan cupang aduan kesayangan anda dapat menang saat di adu.

1. Memilih Anakan cupang adu super, harus mengerti perbedaan ikan cupang adu dan ikan cupang hias, sehingga tidak salah dalam memilih cupang yang akan dilatih sebagai fighter nantinya.

2. Memilih ikan adu yang sehat ditandai dengan adanya busa di toples atau aquariumnya, sehingga insting untuk mempertahankan wilayahnya sedang kuat sekali.

3. Melakukan latihan pemula dengan memasukkan ikan cupang adu super di wadah yang bulat dan agak lebar untuk dilakukan lari melawan arus, setelah cupang Anda berada di tempat itu putarlah air dengan menggunakan stik kayu agar airnya memutar dan membentuk pusaran dimulai dengan perlahan-lahan dan semakin kencang dihari berikutnya namun harus tetap pastikan jangan sampai memukul ikannya, ikan Anda akan melawan arus sehingga ikan anda akan memiliki otot yang kuat untuk melakukan pukulan cepat dan keras, lakulan selalma 30 menit lima hari berturut-turut.

4. Menjantur Ikan dengan menyiapkan toples yang tingginya 1meter dengan luas 5 hingga 10 cm untuk latihan pernafasan biarkan dia disana selama 2 hingga 3 hari, dan dikasih makan biar tidak lemas, di provokasi dengan menggunakan benda hitam seperti kresek yang dibentuk seperti ikan sehingga dia mengira itu lawannya dan di ajak turun naik agar dia lari mengejar turun naik juga.

5. Sedangkan cara melatih ikan cupang adu yang terakhir adalah dengan cara melatih cupang di piring yang hanya di isi air sedikit separuh badan cupang, agar dia mencoba untuk mencari air dan membuat ototnya kuat, nafas kuat dan ini adalah cara singkat membuat cupang Anda calon juara, cara ini cukup dilakukan sekali saja sebelum bertanding, selama 1 jam kemudian ikan di istirahatkan di botol cerry dengan air yang bagus selama 2 hingga 3 hari sebelum bertanding.