Tips dan Cara Merawat Burung Perkutut

Hobi binatang – Burung perkutut merupakan burung yang memakan biji-bijian yang memiliki ciri-ciri tubuh yang ramping dan kecil. burung ini merupakan burung yang sering kita jumpai di wilayah Indonesia karena burung ini sebagian besar tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Dan sebeneranya tidak sulit ketika kita ingin mencari atau merawat burung yang satu ini karena sangkin banyaknya perkembangan burung perkutut di Indonesia ini.

Cara Merawat Burung Perkutut :

Burung perkutut ini sebenarnya banyak sekali di jumpai di mana saja, dan juga banyak yang memeliharanya. Dalam memelihara ini kerap kali banyak yang kurang dalam merawatnya. Kali ini www.hobibinatang.net memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara merawat burung perkutut dengan benar :

1. Carilah Suasana yang Nyaman

Carilah Suasana yang Nyaman

Kenapa saya pilih suasana yang nyaman untuk peliharaan anda si burung perkutut ini.? karena pada dasarnya bukan hanya burung saja yang menginginkan tempat yang nyaman. kita sebagai manusia saja sangat dan berharap menginginkan tepat ternyaman mungkin.

Begitu juga untuk perkembangan burung perkutut ini, carilah tempat yang sekiranya nyaman dan aman untuk habitat atau tempat untuk perkutut agar kita menjaga jangan sampai perkutut ini merasakan stress dan perkembangan perkutut semakin baik dan berkualitas.

2. Membersihkan Kandang / Sangkar Burung Perkutut

Tips dan Cara Merawat Burung Perkutut

Bicara soal kenyaman, kita sebagai pemelihara harus lebih ekstra untuk mengecek dan membersihkan kandang/sangkar burung, kenapa demikian..? karena hal ini sebenarnya sangatlah penting bagi si burung perkutut ini, karena kebersihan dan kenyamanan sangkar adalah hal yang harus wajib kita lakukan.

Contoh dalam hal ini adalah membersihkan alas bawah sangkar yang untuk menampung kotoran kotoran burung perkutut, bukan hanya itu saja tetapi kita juga harus mengganti pakan dan minum yang sudah lama disediakan agar tetap steril ketika di makan si burung perkutut ini. inilah yang harus kita lakukan minimal 2 hari sekali.

3. Rutin Memberikan Pakan / Minum

Rutin Memberikan Pakan

inilah hal yang perlu kalian ingat sebagai pemelihara burung perkutut. karena hal yang paling penting adalah rutin memberikan pakan dan minum selama tiga kali sehari pagi,siang dan sore. biasannya perkutut lebih menyukai aneka biji-bijian seperti jagung, beras merah, kacang-kacangan dll.

Dilihat juga : Jenis dan Harga Burung Perkutut Terbaru 2018

4. Pemberian Kencur

Pemberian Kencur

Selain makanan pokok burung perkutut juga alangkah baiknya kita kasih sedikit ramuan berupa atan perkutut, khasiat inilah yang baik untuk kesehatan perkutut. di samping itu juga khasiat kencur untuk menghilangkan lendir/ dahak pada perkutut agar perkutut ini memiliki kualitas suara yang bagus dan juga membantu menguatkan pita suara pada perkutut.

Ada dua cara untuk memberikan pakan berupa kencur kepada perkutut kencur di parut dan di ambil sarinya, kemudian campurkan sedikit air untuk di minumkan atau cara yang kedua bisa kalian lakukan dengan cara melolohkan parudan kencur ke mulut perkutut.

5. Melakukan Mastering

Hampir sama dengan beberapa jenis burung lainya ketika kita melakukan hal berikut, dalam tahapan ini kita dapat memberikan suara yang lainya untuk memancing agar burung perkutut kita mau berbunyi atau bersuara.

6. Memandikan Burung Perkutut

Memandikan Burung Perkutut

Agar kesehatan dan kebersihan pada burung perkutut terjaga, alangkah baiknya setiap pagi kita lakukan pemandian pada burung perkutut dengan cara di semprot memakai air campuran sabun anti bakteri. ini sangat berfungsi agar kotoran yang menempel pada bulu-bulu perkutut dapat hilang dan mengurangi resiko terkontaminasi kuman dan bakteri

7. Melakuakan Penjemuran

Ini adalah langkah yang sebaiknya kalian lakukan ketika kalian selesai melakukan pemandian pada burung prkutut ini, lakukanlah setiap pagi penjemuran kiranya pag hari pukul 08.00-10.00.

Karena waktu pada saat ini merupakan waktu yang tepat dan baik bagi kesehatan dan perkembangan si burung perkutut. karena sinar matahari di waktu itu adalah sinar yang mengandung vit D yang baik bagi tubuh si perkutut.

8. Memberikan Pasangan

Memberikan Pasangan

Untuk faktor ini yaitu dengan memberikan pasangan terhadap si burung, biasanya burung perkutut yang memang dalam masa birahi burung ini akan selalu berbunyi setiap saat. Caranya yaitu dekatkan burung jantan dengan betina atau bisa juga di masukan dalam satu kurungan.

Biarkan mereka dalam satu kurungan beberapa saat, setelah itu baru pisahkan kembali burung yang terlihat sudah berjodoh. Biasanya burung yang di pisahkan akan terus berbunyi untuk memanggil pasangannya

9. Pemberian Extrafood

Pemberian exstrafood yang dimaksudkan ini merupakan pemberian yang berupa ulat hongkong, kroto, serangga, jangkrik dll. hal ini bertujuan agar memberikan suplement atau multivitamin pada burung perkutut.

Semua ini mengandung banyak protein hewani, dan juga agar burng perkutut tidak bosan pada makanan pokoknya. kita anjurkan makanan ini untuk eminggu sekali

10. Pilihlah Jenis Kelamin Perkutut

Dalam pemilihan kelamin burung perkutut, alangkah baiknya jika anda sang pemelihara memilih pelihara perkutut yang berjenis kelamin jantan, karena yang berjenis kelamin jantan akan lebih gacor.

Untuk membedakan jenis kelaminnya, anda bisa membedakan sumpit kerapatan kaki kurang lebih 1 cm untuk jenis kelamin jantan. dan selain itu juga jantan akan lebih terlihat tegak dengan bentuk badan besar dan tegak serta memiliki ekor yang menyatu.

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana cara yang tepat untuk merawat burung perkutut agar burung perkutut yang kalian miliki lebih gacor dan membuat kita menjadi pemelihara yang baik dan pastinya memiliki kualitas tinggi pada burung perkutut yang kalian miliki.

Pada dasarnya seleksi kualitas suara menuntut pemilik mengetahui kriteria suara yang bagus.jika kalian belum puas dengan apa yang saya tuliskan di sisni alangkah baiknya kalian bisa mengetahui sendiri dengan kalian datang dan bergabung di kelompok atau grup hoby memelihara burung perkutut.