Tips Merawat Anjing Hamil Dengan Baik

Hobi binatang – Seperti kebanyakan mamalia, anjing juga merupakan binatang yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Pada fase-fase kehamilan, perawatan anjing juga harus diprioritaskan untuk mejaga janin yang ada di dalam perut Anjing anda. Asupan gizi dan nutrisi juga perlu diperhatikan.

Pada kondisi anjing hamil, anjing umumnya akan membutuhkan porsi makan 2 kali lebih besar dari anjing yang tidak mengandung.

Berikut tips merawat anjing hamil dengan baik :

1. Pemberian suplemen anjing hamil

Pemberian suplemen untuk induk anjing hamil sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh induk dan anak anjing agar tidak mudah terserang penyakit maupun virus. Pemberian vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Utamakan pakan dalam keadaan fresh sebelum disantap oleh anjing Anda. Pilihlah Dogfood berkualitas tinggi pada masa-masa kehamilannya. Tinggalkan dogfood murahan berbahan kimia sebab akan mengakibatkan anjing terlahir tidak sehat atau bahkan mengalami kecatatan karena pengaruh makanan kimia dengan dosis yang tinggi.

2. Penurunan nafsu makan

Anjing yang mengalami penurunan nafsu makan di awal-awal kehamilan memang merupakan hal yang wajar. Biasanya hal ini dialami ketika usia kehamilan anjing mencapai 6 minggu. Namun setelah 1 bulanan, nafsu anjing akan kembali pesat, di saat inilah pemberian makanan dan minuman yang benar-benar bernutrisi untuk menjaga kesehatan calon anak anjing. Makanan-makanan yang dianjurkan untuk anjing hamil haruslah mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, zat besi, vitamin dan mineral.

3. Mengurangi latihan fisik

Latihan fisik pada anjing dalam hal ini merupakan kegiatan-kegiatan yang akan membuat anjing Anda merasa lelah seperti berlari-lari, mengonggong terlalu sering, bermain dengan sesuatu dan lain sebagainya. Pastikan jika Anda tidak mengajaknya bermain maupun berlari-lari saat usia kehamilan anjing Anda menjelang 5 minggu. Ajak anjing Anda jalan-jalan ke taman untuk sekedar merefreshkan anjing dan membuatnya terhindar dari stress.

4. Konsultasikan ke dokter hewan

Selain memperhatikan porsi makannya, anda juga perlu berkonsultasi ke dokter hewan khususnya dokter anjing untuk melihat perkembangan dan kesehatan induk dan anak anjing tersebut. Pastikan jika induk anjing hamil dan jabang bayi di dalamnya berada dalam kondisi baik. Beberapa dokter kemungkinan akan menambahkan suplemen khusus anjing bilamana anjing Anda dalam kondisi kurang gizi atau sekedar untuk berjaga-jaga untuk mencegah induk anjing sakit saat masa-masa hamil.