Tips Merawat Burung Kacer Mabung

Hobi binatang – Burung Kacer Mabung memiliki karakteristik yang suka berkicau dan mudah untuk beradaptasi sehingga banyak pecinta burung yang suka memelihara burung yang satu ini.

Perawatan burung kacer juga tergolong mudah, namun ada beberapa fase yang harus diperhatikan saat burung kacer mengalami suatu masalah termasuk dalam keadaan mabung.

Mabung merupakan keadan dimana suatu burung mengalami proses terjadinya rontok bulu pada burung kacer sehingga pada siklus tersebut burung akan kehilangan banyak bulunya.

Mabung bisa terjadi kepada setiap burung dan bahkan hampir semua burung pastinya dapat mengalami siklus ini. Untuk pecinta burung pemula, anda tidak perlu khawatir jika burung anda mengalami mabung.

Namun jika perhatikan, fase mabung mampunyai tujuan yang baik untuk burung yaitu agar bulu burung bisa ber regenerasi berganti dari bulu yang lalu menjadi bulu yang baru lagi.

Tips Merawat Burung Kacer Mabung

Berikut ciri-ciri burung kacer mengalami siklus mabung :

1. Burung kacer tidak seperti biasanya aktif dan lebih banyak bermalas-malasan.
2. Burung kacer biasanya sering berkicau namun jika akan mengalami proses mabung biasanya jarang mengeluarkan bunyi.
3. Bulu burung semakin berkurang dan bahkan untuk setiap harinya bisa berkurang sepertiga dari bulu yang ada.
4. Warna bulu tidak bersih dan cenderung lebih kusam.
5. Mata burung kacer akan terlihat sayup dan terlihat tidak bergairah.
6. Burung kacer akan merasa takut seperti merasa terancam jika di dekati oleh manusia, keadaan ini lumrah dan sering di alami oleh sebagian burung.
7. Burung kacer nafsu makannya akan berkurang yang biasanya sangat giras sekali jika akan diberikan makanan namun jika saat mengalami proses mabung biasanya akan tidak tertarik sedikitpun dengan makanan.

Jika sudah mengetahui ciri-ciri burung kacer mabung, anda dapat segera mengambil tindakan dengan merawat secara insentive seperti dibawah ini.

1. Menambahkan Extra Fooding Sementara

Pada saat burung kacer sedang mabung hal ini harus di perhatikan yaitu menambah makanan tambahan atau yang di sering di sebut sebagai extra foodig, pemberian ekstra fooding bisa di lakukan selama satu minggi penuh agar nantinya efektif. Makanan tambahan untuk burung kacer mabung bisa berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto.

Namun jika sudah melewati waktu selama satu minggu lebih baik ektra fooding di berhentikan saja, jangan lupa untuk membersihkan kandang karena pada saat burung kacer mengalami siklus mabung bulunya rontok kemana saja, serta sisa-sisa makanan tambahan juga dibersihkan saja agar tidak menjadi bangkai atau kutu dan jamur.

2. Pengkrodongan Burung

Pengkrodongan burung kacer saat mabung dapat dilakukan setiap hari dengan tujuan membuat burung kacer dapat istirahat dengan tenang tanpa harus takut, karena pada saat itu burung kacer sangat asing terhadap apapun yang mendekat seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya.

3. Jangan Memandikan Burung Selama Siklus Mabung

Jangan memandikan burung kacer saat mengalami siklus mabung, hal ini untuk membuat bulu burung kacer agar lebih bagus lagi, lebih baik menunggu bulu tumbuh dengan sempurna barulah saat itu bisa dimandikan seperti biasa.

Untuk memandikan burung kacer yang baru mabung juga harus sesuai dengan prosedur yaitu dengan menggunakan shampo agar bulu nya halus dan menghilangkan kotoran seperti ketombe.

4. Lakukan Proses Penjemuran

Proses penjemuran bisa dilakukan pada saat burung kacer sudah melewati masa mabung, burung kacer di jemur di bawah terik sinar matahari. Jika pada biasanya burung kacer dijemur selama waktu 2 jam pada saat habis mabung bisa di jemur selama 2 hingga 3 jam agar nantinya birahi burung kacer bisa naik seperti semula.

Lakukan proses tersebut setiap hari hingga burung kacer mendapatkan performanya kembali kira-kira sampai bergairah dan gacor seperti semula, jika sudah mendapatkan performanya kembali bisa di lakukan penjemuran dengan waktu yang normal seperti biasanya yaitu selama 1 hingga 2 jam sehari.

Pada saat mabung bisa di jemur pada jam 11 hingga jam 12 siang agar bulunya cepat kering dan mengkilap, namun jika sudah kembali waktu penjemuran bisa di normalkan kembali yaitu pada pukul 9 hingga 10 pagi.

Sebenarnya siklus mabung itu dapat dimanipulasi bahkan ada kalangan pecinta burung yang sudah pengalaman tentunya malah sangat menanti-nantikan proses mabung ini karena dapat membuat bulu burung lebih cantik dan lebih mengkilap.