Tips Merawat dan Makanan Sehat Anjing Kecil

Hobi binatang – Memelihara anjing kecil yang lucu perlu diberikan makanan sehat yang khusus untuk anjing kecil. Seperti halnya manusia yang masih bayi, anjing kecil juga memiliki proses pencernaan yang berbeda dengan anjing yang sudah berusia dewasa.

Secara biologis, anjing kecil memiliki pencernaan yang sensituf dibandingkan dengan anjing yang sudah dewasa. Selain itu anjing kecil belum memiliki gigi yang kuat untuk menghancurkan makanannya.

Tips merawat anjing kecil

Anjing kecil juga membutuhkan perhatian khusus, terlebih lagi jenis anjing yang dipelihara bukan jenis anjing kecil yang mudah dalam perawatannya. Tentunya anjing kecil ini membutuhkan penyesuaian dalam lingkungan barunya.

Tips Merawat dan Makanan Sehat Anjing Kecil

Hal pertama sebelum Anda membawa pulang anjing kecil untuk dipelihara, maka Anda perlu menanyakan kapan waktu biasanya anjing tersebut diberi makan. Kemudian Anda juga perlu menanyakan makanan apa yang biasanya diberikan kepada si anjing kecil. Kedua hal ini akan membantu anjing kecil untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, dan untuk pemberian makan yang sama penting dilakukan agar anjing tidak menderita gangguan usus.

Namun jika Anda menginginkan untuk mengubah kebiasaan makan anjing kecil, maka sebaiknya Anda lakukan secara perlahan. Tidak dengan sertamerta melakukannya dengan cara drastis dan tiba-tiba. Selain itu dalam memberikan makanan maupun minuman sebaiknya diberikan dalam jumlah yang cukup, sesuai dengan petunjuk pemilik sebelumnya atau penjual anjing.

Makanan yang sehat untuk anjing kecil

Pada dasarnya kebutuhan tubuh anjing kecil tetaplah sama dengan kebutuhan tubuh anjing besar, hanya saja kadar yang dibutuhkan memiliki jumlah yang berbeda. Anjing kecil maupun anjing besar tetap membutuhkan vitamin, serat, kabohidrat dan tentunya kalsium dalam jumlah yang cukup besar. dalam hal ini maka anjing kecil bahkan lebih banyak membutuhkan makanan sehat untuk anjing.

Makanan yang sangat dibutuhkan anjing kecil adalah makanan yang mengandung serat yang cukup. Serat ini tentunya sangat dibutuhkan organ anjing kecil yang masih sangat rentan dan sensitif. Bahkan pada usia 4 bulan lebih pun anjing sebenarnya masih harus diberikan makanan bubur yang mengandung banyak serat.

Kemudian anjing kecil perlu diberikan susu yang mengandung protein tinggi, lemak yang tinggi dan rendah laktosanya. Pemberian susu ini penting untuk memenuhi kebutuhan anjing akan lemak, protein dan sekaligus kalsium, terlebih bagi anjing yang telah disapih.