Tips Merawat Ikan Koki Ranchu

Hobi binatang – Seperti bahasan sebelumnya mengenai Jenis Ikan Hias Mas Koki Paling Populer, ikan mas koki ranchu menjadi idola. Bukan hanya bagi penghobi, namun di ajang kontes juga ikan mas koki ranchu menjadi bintangnya.

Untuk mendapatkan ranchu yang berkualitas tidak mudah. Oleh sebab itu harga ikan ranchu ini selalu tinggi. Peternak di Jepang merupakan penghasil ikan mas koki terbaik. Bahkan di Thailand dan China juga sudah dapat memproduksi ranchu berkualitas yang nyaris sama dengan perternak Jepang.

Untuk merawat dan mendapatkan ranchu yang berkualitas, anda memerlukan sebuah panduan yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Sarana merawat

Peternak maskoki ranchu di Jepang dan Thailand memakai bak plastik atau semen berukuran 1,5 m x 1,5 m dengan kedalaman minimal 30 cm untuk merawat maskoki ranchu.

2. Kualitas air

Maskoki ranchu menyukai suhu dingin. Sebab itu kedalaman air minimal 30 cm. Berikutnya tidak perlu sering mengganti air. Penggantian air dapat dilakukan setiap 5-6 hari sekali. Hal itu untuk menjaga nafsu makan ikan.

3. Pilih induk berkualitas

Tips Merawat Ikan Koki Ranchu

Induk berkualitas memiliki bentuk ekor yang mengembang dengan umur di atas 3 tahun. Induk jangan di pelihara atau diberi pakan hingga menjadi gemuk karena membuatnya sulit memproduksi telur dan sperma

Dilihat juga : Tips Memilih Ikan Mas Koki Ranchu Berkualitas

Di Thailand, budidaya maskoki ranchu dilakukan sesudah musim hujan. Di Negara 4 musim seperti Jepang budidaya dilakukan pada awal musim dingin. Seleksi awal dilakukan saat ranchu berumur 1 bulan. Seleksi sebelum umur sebulan tidak disarankan karena burayak masih terlalu lemah dan mudah terserang penyakit.

Sebelum seleksi awal siapkan bak berkapasitas setara kolam dengan air baru. Berikan pakan pakan kutu dan saat mulai besar, berikan pakan bloodworm. Yang diseleksi pertama kali adalah bentuk ekor serta kelengkapannya.

4. Tempat pakan

Pakan maskoki untuk burayak umur kurang dari satu bulan adalah cuk alias jentik nyamuk yang masih berenang, supaya burayak terlatih bergerak. Pemberian cuk juga membuat air tetap bersih. Dalam sehari cuk diberikan sebanyak 6 kali mulai dari pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai sore hari sekitar pukul 17.00. Maskoki ranchu dewasa dapat diberi pakan bloodworm segar. Dosisnya sekitar 80% dari kemampuan makan.

Pakan segar lebih baik daripada pelet, karena ikan akan lebih aktif bergerak. Pelet dapat diberikan sebagai pakan selingan, tetapi harus hati-hati. Jika berlebihan perut ikan dapat membesar. Apalagi untuk ikan kecil yang warnanya sedang keluar, bisa menyebabkan warna tersebut terus pucat hingga ikan dewasa.

5. Pascakontes

Maskoki ranchu sudah mengikuti kontes, perlu dikarantina terlebih dahulu lantaran ditakutkan membawa bibit penyakit. Pada saat karantina, air diberi garam (5 gram/liter) dan suhu diatur hingga 30 derajat Celcius. dibiarkan maskoki tersebut selama sepekan tanpa perlu diberi pakan.